My First Trip Abroad: Plan & Prepare

My First Trip Abroad: Plan & Prepare
Merlion, Singapore

Merlion, Singapore

Berawal dari kegemaranku membaca buku Traveling, aku jadi tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan mengeksplor tempat baru. Dari situ juga aku jadi tahu kalau traveling ke luar negeri itu nggak harus mahal. Masalah budget bisa disiasati dengan traveling ala backpacker. Mulai dari mencari tiket dengan pesawat Low Cost Carrier, menyusun itinerary sendiri, hingga menginap di hostel paling murah namun aman. Kedengarannya menantang dan menarik kalau bisa berpetualang di negeri orang tanpa mengandalkan tour yang notabene lebih mahal. But wait, aku kan belum pernah melakukan perjalanan ke luar negeri, belum pernah naik pesawat, belum pernah ngurus paspor. Butuh keberanian ekstra untuk memulai sesuatu yang benar-benar baru! Tapi kalau ada kemauan di situ ada jalan. Bismillah, demi rasa penasaran, keinginan yang terpendam dan tabungan pengalaman yang tak terlupakan akhirnya kenekatanlah yang berbicara.

Di postingan pertamaku ini, aku ingin membagikan cerita tentang traveling perdanaku. Namanya juga serba perdana makanya minim pengalaman banyak bingungnya. Hanya berbekal wawasan yang sedikit memudar dari buku-buku yang kubaca dan googling sekilas.

Singapura, menjadi kandidat negara yang akan kusambangi pertama kali. Alasannya sederhana, hanya negara singa itulah satu-satunya rute penerbangan yang terbang langsung dari Solo. Pesawat AirAsia membuka rute baru Solo – Bali dan Singapura – Bali pada Januari 2015. Lagipula, Singapura cukup dekat dengan Indonesia, nggak heran entar ke Singapura banyak ketemu turis dari negeri sendiri. Masalah bahasapun tak jadi pertimbangan berat karena cukup bisa bahasa Inggris dasar sudah cukup. Dan aku lupa kalau aku juga guru bahasa inggris.hahaha…

Aku dan kakak perempuanku, Mbak Aan memang memiliki hasrat yang sama yaitu ingin menginjakkan kaki di negeri seberang. Sebenarnya, dia yang paling banyak berjasa dalam mencari tiket promonya. Menyusuri setiap tanggal dan harga yang tertera pada website maskapai penerbangan berbudget rendah, yang saat itu kita tahu hanya AirAsia. Bulan Desember 2014, setelah gagal dua atau tiga kali mendapatkan tiket promo akhirnya kita menentukan akan mengambil promo akhir tahunnya AirAsia. Biasanya kalau promo itu hanya diberi waktu 1 minggu-an. Jadi harus berpikir dan bergerak cepat. Mau diambil atau tidak. Dengan semangat menggebu kita berdua akan melakukan perjalanan ke Singapura. Tapi sebelum itu langkah pertama adalah bikin paspor dulu.

Read Complete Story of “My First Trip Abroad”

Advertisements

4 thoughts on “My First Trip Abroad: Plan & Prepare

  1. Pingback: Day 3: See You Soon, Singapore! | Summer Ballads

  2. Pingback: Day 2: Jalan Kaki Tanpa Henti | Summer Ballads

  3. Pingback: Day 1: Serba Pertama | Summer Ballads

  4. Pingback: Packing, Packing, Packing | Summer Ballads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s