Booking Tiket Pesawat

Booking Tiket Pesawat

Logo AirAsia (byhttp://img3.wikia.nocookie.net/)

Logo AirAsia (byhttp://img3.wikia.nocookie.net/)

ShortHistory of AirAsia

AirAsia adalah sebuah maskapai penerbangan bertarif murah yang berasal dari Malaysia. Maskapai dengan slogan ‘Now Everyone Can Fly’ ini didirikan oleh Tony Fernandes pada tahun 1993. AirAsia sendiri merupakan impian dari Fernandes ketika ia menempuh pendidikan di London School of Economic. Kala itu ia berpikir suatu saat ingin membangun sebuah bisnis maskapai penerbangan berbiaya rendah. Alasannya cukup sederhana, mahalnya tiket London – Kuala Lumpur membuatnya tak bisa pulang sewaktu-waktu.

Untuk mewujudkan impiannya itu, Fernandes memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya di Warner Music Malaysia. Tak tanggung-tanggung, pria bernama lengkap Anthony Francis Fernandes ini membeli sebuah perusahaan maskapai penerbangan yang terlilit hutang dan hampir bangkrut dengan gajinya sebagai Vice President Warner Music Region Asia. Padahal waktu itu, menurut Hipwee, perusahaan tersebut hanya memiliki 2 armada tua, 200 staff dan hanya mampu menjaring penumpang sebanyak 250.000 orang saja. Situasi bertambah sulit karena pada saat yang sama industri penerbangan sedang lesu sebagai akibat dari tragedi 11 September 2001.

Fernandes memiliki trik untuk menekan biaya operasional penerbangan. Berikut adalah tiga trik yang disadur dari Hipwee:

  1. Fernandes bermain pada penerbangan dengan rute pendek. Dengan begini, pilot dan pramugari yang bertugas tidak perlu menginap di kota tujuan.
  2. Penjualan tiket dilakukan secara online sehingga penumpang tidak perlu membayar jasa tour dan travel. Maskapai pun tak perlu menyewa counter penjualan tiket.
  3. Menyewa bandara non-utama di kota tujuan. Bandara non-utama ini menge-chargeharga yang lebih rendah untuk maskapai yang ingin menerbangkan pesawatnya dari dan ke sana.

Berkat kerja keras pantang menyerah yang dimiliki Fernandes, sekarang kita bisa menikmati naik pesawat terbang dengan harga terjangkau. Dan bersama AirAsia ‘Kini Semua Orang Bisa Terbang’.

My First Experience to Booking AirAsia’s Ticket

Wah, sudah lama tidak menulis kelanjutan dari perjalanan pertamaku ke luar negeri. Belum sempat menyisihkan waktu buat itu atau lebih tepatnya sok sibuk.hehe… Sebelumnya aku sudah menulis tentang pembuatan paspor. Nah, selanjutnya adalah membeli tiket pesawat.

Karena zaman sudah semakin maju, kita bisa sangat mudah memesan tiket pesawat via online. Aku dan Mbak Aan yang baru pertama kali akan booking tiket kebingungan caranya. Seperti biasa kita bertanya sama Mbah Google, lumayan ada sedikit gambaran. Tapi, kok rasanya deg degan gitu ya. Takut salah. Aku ingat kita membeli tiketnya sehari sebelum berakhirnya promo ke Singapura. Sudah amat sangat mepet sekali. Resiko juga kalau beli tiket promo mepet, bisa kehabisan. Namanya murah banyak yang mau.

Minggu pagi (lupa tanggalnya yang jelas bulan Desember 2014), aku dan Mbak Aan sudah stand by di depan laptop dengan modem terpasang. Dan kamipun berhasil memesan tiket AirAsia via online dengan bantuan Mbah Google tentunya. Namun, masalah timbul ketika kita akan melakukan pembayaran. Aku dan Mbak Aan yang sama-sama tidak memiliki kartu kredit, kebingungan saat mau membayar. Padahal calon penumpang harus menstransfer biaya dengan waktu paling lama tiga jam (kalau tidak salah ingat) sejak pemesanan. Kita coba ke ATM buat transfer uang ke BCA. Namun, kemudian kita urungkan niat menstarnfer karena takut salah kode bank. Panik, akhirnya kita mencoba pergi ke Indomaret. Dan kabar gembira untuk kita semua, ternyata bayar tiket AirAsia di Indomaret bisa. Malahan kita dapat 2 botol minuman botol yang ternyata aku lupa mereknya apa.hehe..

How to Book the Ticket?

Sebenarnya untuk booking detailnya sedikit lupa dan nggak sempet screen shoot waktu itu. Jadi, aku akan tulis langkah-langkah seingatku saja ya. Semoga bisa sedikit membantu. Berikut adalah cara memesan tiket AirAsia:

  1. Pertama kunjungi website resminya di airasia.com
  2. Setelah itu, tentukan kota asal dan tujuan, tanggal keberangkatan dan jumlah orang yang akan ikut. Jangan lupa memilih antara ‘pulang pergi’ atau ‘sekali jalan’. Lalu klik ‘cari’
  3. Kemudian kamu akan disuruh memilih jam keberangkatan. Lalu klik ‘lanjut’.
  4. Selanjutnya, isilah data penumpang dengan benar. Disitu secara otomatis tertera bagasi 20 kg. Kalau tidak memerlukannya bagasi dikosongi saja.
  5. Nah, langkah yang terakhir adalah pembayaran. Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit, transfer ke BCA atau lewat Indomaret.

Simple Tips for Newbie

Untuk yang pertama kali memesan tiket pesawat sepertiku, pasti banyak sekali pertanyaan seperti ‘lho kok bisa gini ya?’ atau ‘habis ini apa?’ bisa juga ‘pakai bagasi berapa ya enaknya?’. Nah, berikut sedikit informasi yang aku ketahui, maklum sama-sama newbie. 😀

  1. Jangan kaget kalau harga akhirnya berbeda dengan harga promo ya. Karena harga promo itu belum termasuk harga bahan bakar, pajak bandara, harga seat, harga makanan dll.
  2. Selain cara pembayaran dengan 3 cara yang aku sebutkan di atas, bisa juga menggunakan jasa pembelian tiket yang banyak bertebaran di internet. Pastikan dulu kalau jasa tersebut dapat dipercaya.
  3. Untuk menghemat pengeluaran tidak perlu memesan makanan jika tingkat kelaparanmu belum mencapai akut.
  4. Makanan bisa juga dipesan langsung saat naik pesawat.
  5. Bagasi AirAsia maksimal 20 kg, jika kamu tidak membawa banyak barang dan barangmu bisa dimasukkan ke dalam kabin pesawat sebaiknya tidak usah membeli bagasi. Kalau takut pulang mau membeli banyak oleh-oleh buat keluarga besar, teman sekantor, teman Facebook, pengikut Twitter dan tetangga sekampung bisa juga membeli patungan dengan teman. Lho kok bisa? Bisa donk, kalau kamu misal berangkatnya bertiga bersama teman, membeli satu bagasi saja buat barengan sudah cukup. Jadi, barangnya bisa dijadiin satu gitu maksudnya.

Finally Got It

Selesai urusan memesan tiket dan membayar, kita kemudian mendapat dapat struk pemesanan dari Indomaret yang terdapat kode yang dipakai untuk check-in. Oh ya ngomong-ngomong tentang check-in, kita juga nggak ngerti check-in itu bagaimana ya? Hahaha…

More Detail about AirAsia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s