Funassyi, Maskot yang Anti-Mainstream

Funassyi, Maskot yang Anti-Mainstream

Jangan Tertipu dengan Tampang Cute-nya ya

Jangan Tertipu dengan Tampang Cute-nya ya (by twitter.com)

Who is Funassyi?

Funassyi (ふなっしー ) adalah yuru kyara atau maskot yang berbentuk buah pir berwarna kuning. Maskot ini dibuat oleh swasta untuk mempromosikan kota Funabashi, Prefektur Chiba. Meskipun Funassyi adalah maskot tidak resmi dari Funabashi tapi dia berhasil memenangkan Gotochi Kyara Sosenkyo 2013, sebuah kompetisi maskot lokal yang disponsori oleh Asosiasi Departement Store Jepang.

Nama Funassyi sendiri merupakan akronim dari Funabashi dan Nashi yang berarti buah pir, buah yang banyak dihasilkan di kota itu. Tak perlu lama, maskot yang lahir tahun 2012 ini telah menyita perhatian publik Jepang. Ia sudah tampil di berbagai acara TV, iklan, majalah dan berbagai goodies seperti gantungan kunci, sikat gigi dll. Bahkan ia sudah merilis kalender, single, buku dan DVD di bawah label Pony Canyon. Berkat kepopulerannya, ia sudah memiliki lebih dari 1,3 juta follower di Twitter sejak dibuka November 2011.

Oh ya, Funabashi sebenarnya punya maskot resmi yang bernama Funaemon.

Ini dia Funaemon (by kenken1016.blog.fc2.com/img/funaemon.jpg/)

Ini dia Funaemon (by kenken1016.blog.fc2.com/img/funaemon.jpg/)

Anti-Mainstream Mascot

Pertama kali aku mengenal Funassyi lewat video 7 menit yang ada di laptopku. Nggak sengaja sih, waktu itu aku menonton video acara akhir tahunnya NHK yang sangat bergengsi, Kouhaku Uta Gassen. Di situ menampilkan member Arashi yang sedang jadi MC di backstage dan beberapa artis yang hendak tampil. Nah, perhatianku tertuju pada maskot kuning yang sangat hiperaktif. Dia melompat kesana dan kemari tak peduli MC-nya sedang berbicara di depan kamera, dia seruduk sampai jatuh. Dia ikut tersungkur, setelah berdiri kembali -dengan bantuan orang lain tentunya- lalu diapun kembali jumpalitan.

Tuh, Jumpalitan. Di sebuah acara. (by *lupa sumbernya maaf*)

Tuh, Jumpalitan. Bersama KAT-TUN. (by *lupa sumbernya maaf*)

Funassyi itu unik karena berbeda dari yuru kyara yang lain. Kalau biasanya yuru kyara itu tak dapat bicara dan kelakuannya yang manis, Funassyi justru sebaliknya. Dia bisa bicara, suka teriak-teriak dengan suara pria, melompat-lompat, menyeruduk, jongkok, memelintir tubuhnya, headbanging, berenang, berlibur, melakukan message, naik sepeda, senam dan banyak kegiatan lain yang nggak mainstream dilakukan oleh sebuah maskot. Menurutku, karena keunikannya itulah dia banyak fans. Sangat menggemaskan deh pokoknya. Oh ya, baru-baru ini dia juga habis berlibur di Pulau Bali dan kelihatannya dia sangat menikmati liburannya.

Traveling ke Bali. Aku aja belum pernah ke sana T_T (by twitter.com)

Traveling ke Bali. Aku aja belum pernah ke sana T_T (by twitter.com)

Santai~ (by twitter.com)

Santai. Ini masih di Bali (by twitter.com)

Apa? Funassyi di-mesage?! *Ngelus dada* (by twitter.com)

Apa? Funassyi di-mesage?! *Ngelus dada* (by twitter.com)

Funassyi’s Siblings

Funassyi yang menyebut dirinya peri pir mengaku sebagai anak ke 4 dari 274 bersaudara. Orangtuanya adalah peri pir biasanya. Tanggal lahirnya yang sebenarnya adalah 7 Juli 138 lalu dia turun ke bumi pada bulan April 2012. Selain Funassyi, ternyata adiknya yang bernama Funagoro (ふなごろー) juga menyusul turun ke bumi lho. Funagoro yang merupakan keturunan dari peri pir dan ulat hijau ini adalah anak yang ke 56. Tak jauh beda penampilannya dengan Funassyi namun yang membedakan Funagoro memiliki ekor hijau.

Funassyi dan Adiknya, Funagoro (by twitter.com)

Funassyi dan Adiknya, Funagoro (by twitter.com)

Funnasyi’s Profile

Berikut ini adalah profil singkat dari Funassyi yang aku ambil dari situs welovefunassyi.com. Dari profil itu bisa mengetahui selera unik Funassyi. Yang paling mengejutkan adalah musik dan TV favoritnya itu lho. Benar-benar anti-mainstream.

Profile

  • Nama lengkap: Funadius IV
  • Tinggi badan: 90 cm
  • Berat badan: 35 kg
  • Profesi: peri pir
  • Gender: none
  • Musisi Favorit: Black Sabbath/Ozzy Osbourne, Aerosmith
  • CD yang pertama kali dibeli: Deep Purple – Machine Head
  • Makanan favorit: buah kesemek, ramen saos, seafood, daging sapi, Xiaolongbao
  • Hobi: Traveling terutama ke luar negeri
  • Buku Favorit: How To Win Friends And Influence People oleh Dale Carnegie, The Romance of Three Kingdoms
  • TV Favorit: Al Jazeera
  • Orang Paling Dikagumi: Yamanaka Shikanosuke Yukimori
  • Kebiasaan: mengakhiri setiap kalimat dengan “nasshii!”
  • Alamat: Funasyii, c/o Funabashi East Post Offce, Funabashi 274-8799, Ciba, Japan

Books

  • Funassyi no Ohanassyi
  • Nashi Kara Umareta Funassyi
  • Funassyi no Paris Nikki

Singles

  • Funa Funa Funassyi
  • Boogie Boogie Funassyi
  • Nashizora Rainbow

Album

  • Uki Uki Funassyi

DVD

  • Funanomics

More Detail

Gallery

Beriku ini adalah kelakuan Funassyi. Siapkan mental untuk melihatnya. 😀

Gayanya, aduduh~ (by twitter.com)

Gayanya, aduduh~ (by twitter.com)

Sedang Pemotretan Kalender (by twitter.com)

Sedang Pemotretan Kalender (by twitter.com)

Lompat Lompat (by twitter.com)

Lompat Lompat (by twitter.com)

Senam (by *lupa sumbernya maaf lagi*)

Senam (by *lupa sumbernya maaf*)

Semangat Dance (by twitter.com)

Semangat Dance (by twitter.com)

Duduk Menyilangkan Kaki. Lagi Nungguin Siapa, Funassyi? (by twitter.com)

Duduk Menyilangkan Kaki. Lagi Nungguin Siapa, Funassyi? (by twitter.com)

Jongkok. Lucunya~ (by twitter.com)

Jongkok. Lucunya~ (by twitter.com)

Headbanging. Asyik! Gimana kalo kita ke Konser Band Metal, Funassyi? (by twitter.com)

Headbanging. Asyik! Gimana kalo kita ke Konser Band Metal, Funassyi? (by twitter.com)

Sungguh Lentur (by twitter.com)

Sungguh Lentur (by twitter.com)

Sepedaan. Gowes, Funassyi! (by twitter.com)

Sepedaan. Gowes, Funassyi! (by twitter.com)

Surfing. Yiiihaa~ (by twitter.com)

Surfing. Yiiihaa~ (by twitter.com)

Berenang. (by twitter.com)

Berenang ‘o’ (by twitter.com)

Berendam -___- (by twitter.com)

Berendam -___- (by twitter.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s