Menikmati Sore Hari di Atas Werkudara

Menikmati Sore Hari di Atas Werkudara

Bus Tingkat Werkudara

Bus Tingkat Werkudara

What is Werkudara?

Werkudara adalah satu-satunya bus tingkat di kota Solo. Bus yang beroperasi sejak 20 Februari 2011 ini merupakan bus yang mengangkut penumpang tujuan wisata. Dengan harga eceran Rp 20.000 penumpang suah bisa keliling kota Solo. Selain itu, calon penumpang  menyewa bus ini dengan harga Rp 800.000,- per 3 jam dengan biaya overtime Rp 250.000 per jamnya. Kalau charter bisa lho meminta bus ini berhenti di tempat-tempat tertentu selama tujuannya masih terjangkau. Untuk membeli tiketnya calon penumpang bisa memesan dulu sehari sebelumnya via sms, telepon, WhatsApp atau datang langsung di Kantor Dishubkominfo. Bus Tingkat Werkudara beroperasi setiap hari Sabtu, Minggu dan hari libur di jam 09.00, 12.00 dan 15.00.

Gagah nggak sih? :)

Gagah nggak sih? 🙂

Gagah nggak sih? Part 2 :)

Gagah nggak sih? Part 2 🙂

Menikmati Sore Hari di Atas Werkudara

Tak lama setelah Werkudara diluncurkan, ternyata bus ini cukup menarik perhatianku. Bus ini memiliki dua lantai dengan warna merah terang dan memiliki gambar tokoh wayang orang, Werkudara yang gagah. Setelah sekian lama akhirnya, keinginanku untuk menaikinya terealisasi juga. Hari Minggu, 3 Juli 2016 tepat tiga hari terkakhir puasa Ramadhan. Aku bersama Bety, Novi dan Mbak Aan memutuskan untuk naik bus kloter jam 15.00. Jam dua lebih seperempat aku beserta rombongan (?) pergi ke Kantor Dishubkominfo yang letaknya tepat di samping Solo Radio. Di sana kami membayar tiket yang telah dipesan sehari sebelumnya. Di luar dugaan, ternyata bus yang masih terparkir di garasi sudah hampir penuh.

Bus terparkir

Bus terparkir

Kami bergegas naik ke lantai dua. The best view untuk menikmati kota Solo dari atas bus. Untung saja masih ada tempat duduk yang tersisa untuk kami berempat. Meski nggak duduk berdekatan kami tetap bisa wefie-wefie cantik #tetep 😀 Nggak berapa lama petugas dengan seragam batik mulai memeriksa tiket satu per satu.

Penampakan tiketnya. Sangat sederhana.

Penampakan tiketnya. Sangat sederhana.

Setelah menunggu setengah jam, Werkudara berangkat juga. Bus ini melewati tempat-tempat penting di Solo seperti Loji Gandrung yang merupakan tempat dinas Walikota Solo sekarang, Stadion R. Maladi yang sudah berdiri sejak tahun 1923 dan merupakan stadion pertama di Indonesia, Taman Budaya Sriwedari, Perampatan Ngarsopuro yang terdapat Pasar Triwindu yang merupakan tempat jual beli barang antik, Patung Slamet Riyadi di Gladak, Balai Kota yang merupakan Nol Kilometer Solo, Kantor Bank Indonesia, Pasar Gedhe, Universitas Sebelas Maret (UNS), Taman Satwa Taru Jurug, Jembatan Jurug yang merupakan perbatasan Surakarta dan Karanganyar, Pusat Kuliner Galabo, Pusat Grosir Solo (PGS), Tempat Sementara Pasar Klewer dan Pasar Kliwon yang merupakan tempat mayoritas keturunan Arab di Solo.

Rute bus ini yaitu Kantor Dishubkominfo – Jl. Adi Sucipto – Jl. Ahmad Yani – Jl. Slamet Riyadi – Jl. Jenderal Soedirman – Jl. Urip Sumohardjo – Jl. Kolonel Soetarto – Jl. Ir. Sutami – Jl. Ir Sutami – Jl. Kolonel Soetarto – Jl. Urip Soemahardjo – Jl. Jenderal Soedirman – Jl. Mayor Soenaryo – Jl. Kapten Mulyadi – Jl. Veteran – Jl. Bayangkara – Jl. Dr Radjiman – Jl KH Agus Salim – Jl Slamet Riyadi– Jl Ahmad Yani – Jl Adi Sucipto – Kantor Dishubkominfo

          Bus tingkat Werkudara berhenti sekitar 10 – 15 menit di depan Bank Indonesia untuk memberikan kesempatan bagi penumpang yang mau berfoto di depan bus. Hal ini tentunya tidak kami sia-siakan, selain di depan bus kami berfoto di depan placard #kotasolo juga. Ada sebagian penumpang yang tidak turun dan hanya melakukan kegiatan menonoton-orang-foto-sambil-membatin-dan-mengelus-dada. Oh iya, bus ini juga berhenti sebentar untuk rolling tempat duduk. Jadi, aku yang awalnya di atas pindah di bagian bawah. Tempat duduk di atas lebih banyak sehingga yang tidak kebagian bisa kembali ke atas lagi.

Bus bagian atas dan bagian bawahnya

Bus bagian atas dan bagian bawahnya

Dari dalam

Dari dalam

Awas Kepala!

Awas Kepala!

Sempat gerimis sebentar, tapi cuaca kemudian cerah kembali. Pemilihan pemberangkatan pukul tiga sore kurasa tepat karena suasana teduh. Perjalanan sore hariku bersama Werkudara sedikit terganggu oleh ulah anak-anak kecil yang berlari-larian di dalam bus dan berteriak-teriak sambil bermain-main. Nggak di atas, nggak di bawah pelakunya sama. Bukan hanya tidak memperhatikan keselamatan tapi juga mengganggu penumpang lain. Sayang sekali tidak ada teguran dari pihak bus Werkudara. Selama kurang lebih dua jam perjalanan keliling kota Solo, sesekali Mbak Pemandu Wisatanya memberikan informasi secara umum mengenai lokasi yang telah dilewati. Perlu dicatat ya, sesekali. Selebihnya lagu-lagu kenangan dan anak-anak yang mengisi keheningan.

Rincian Pengeluaran Naik Werkudara

  • Tiket Bus Tingkat Wekudara : Rp  20.000
  • Parkir motor                             : Rp    2.000 +
  • Total                                         : Rp 22.000

My Review About Werkudara

Menurutku Bus Tingkat Werkudara sudah mampu membuat penasaran orang dengan ketampanan dan kegagahannya. Fasilitas bersih dan dilengkapi tempat sampah. Namun sayang ada beberapa bagian bus yang hilang seperti pegangan di salah satu tempat duduknya. Lebih menarik lagi jika selama perjalan Mbak Pemandu Wisatanya bercerita panjang dan lebar dan bukan sesekali sehingga perjalanan menjadi sangat bermanfaat menambah wawasan. Satu lagi seharusnya ada peraturan untuk standar keamanan khusunya anak-anak untuk tidak berlarian dan berteriak-teriak seperti tarzan. Namun secara keseluruhan bus ini keren banget. Pantas dicoba!

More Detail About Werkudara

  • Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Surakarta: Jl. Menteri Supeno No. 7, Manahan, Banjarsari, Surakarta
  • Contact Person (Indri): 085642005156
  • Contact Person (Sandi): 085229790462
Advertisements

2 thoughts on “Menikmati Sore Hari di Atas Werkudara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s