Terjawab Sudah, Check-in Itu Apa?

Terjawab Sudah, Check-in Itu Apa?

Mengintip dari Jendela Bandara. Btw, emang ada jendelanya ya ;P

Siap traveling?

What is Web Check-in?

Web check-in adalah sebuah proses registrasi secara online bagi penumpang pesawat yang sebelumnya sudah membeli tiketnya. Jadi, check-in sekarang ini bisa dilakukan sendiri dari rumah selama memiliki akses internet tanpa datang dan mengantre panjang di konter maskapai. Dokumen yang harus disediakan adalah tiket pesawat, KTP, paspor (bagi yang bepergian ke luar negeri) dan visa (bagi yang akan bepergian ke negara yang membutuhkan visa). Selain praktis, kelebihan web check-in adalah penumpang bisa mencetak sendiri boarding pass-nya. Sehingga, di hari H keberangkatan tinggal menyerahkan boarding pass yang telah dicetak. Proses cepat tanpa menunggu lama. Dengan web check-in, penumpang bisa memilih tempat duduknya sendiri dan bisa melakukan request seperti permintaan bassinet untuk bayi. Perlu diingat sebagian maskapai penerbangan menetapkan biaya tambahan. Oh iya, Web check-in hanya bisa dilakukan pada H-14 keberangkatan.

Menurut Traveloka, ada penumpang yang tidak diperbolehkan untuk melakukan web check-in. Namun tidak menutup kemungkinan berubah sesuai dengan peraturan maskapai penerbangannya. Berikut ini daftar kategori penumpang yang tidak diperbolehkan web check-in menurut Traveloka:

  • Penumpang dalam keadaan hamil.
  • Penumpang yang membawa anak-anak.
  • Anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun dan tidak mendapat kursi sendiri.
  • Penumpang di bawah usia 16 tahun dan bepergian sendiri.
  • Penumpang yang mengalami kesulitan dalam bergerak dan membutuhkan bantuan khusus.
  • Penumpang dengan masalah kesehatan yang baru bisa terbang dengan surat pengantar dokter.

How to Web Check-in?

Sebenarnya web check-in itu ternyata cukup mudah. Tapi sebelum web check-in, pastikan bahwa dulu kalau maskapainya memiliki fasilitas ini. Berhubung dulu aku memakai maskapai Air Asia jadi berikut adalah sekilas cara web check-in-nya:

  1. Hal yang pertama harus dilakukan adalah membuka website checkin.airasia.com
  2. Setelah laman terbuka, isikan data penerbangan kita seperti Kota Keberangkatan, Nomor Booking, Nama. Lalu klik “Check in”.
  3. Setelah halaman berikutnya terbuka, isikan detil dari penerbangan meliputi kota keberangkatan tujuan dan waktunya. Lalu klik “continue”.
  4. Tampilan selanjutnya adalah nomor kursi, keterangan bagasi dan kebutuhan tambahan lainnya seperti memesan makanan. Jika ingin merubah tempat duduk bisa klik “seat number” lalu pilihlah “change”. Di halaman ini ditampilakan juga keterangan mengenai aturan tentang bagasi yang akan dibawa dan penawaran asuransi. Klik “continue”.
  5. Next, yang akan mucul adalah gambar deretan seat. Seat yang kita pilih ada logo orang. Jika mau memindahkan juga bisa. Tapi beberapa seat tertentu ada biaya tambahan misalnya seat ‘Hot’ yang warnanya merah.
  6. Kemudian akan muncul halaman jika kita mau memindahkan Insurance yang ditawarkan sebelumnya. Oh ya, tambahan biaya diisikan dengan kartu kredit. Jangan lupa tulis detailnya ya. Kemudian klik “continue”.
  7. Setelah itu isikan alamat email untuk mengirimkan dokumen boarding pass dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  8. Langkah terakhir menjelaskan apa yang seharusnya dihindari ketika terbang menggunakan AirAsia. Kalau sudah dibaca, padahal males bacanya langsung di-skip. Klik “continue”.
  9. Voila! Boarding pass-nya sudah bisa dicetak.
Boarding Pass

Boarding Pass

Oh, Jadi Begitu ya?

Dasar dua orang yang sama-sama bingung. Namanya juga belum pernah pergi naik pesawat, nggak tahu tiket pesawat itu wujudnya kayak apa. Awalnya aku kira, kalau sudah memiliki struk bukti pembayaran, urusan sudah beres. Kami tinggal pergi ke bandara dengan membawa benda itu. Tapi aku salah besar! Dasar polosnya aku ini ;P

Ditambah lagi masalah tiket pulang yang belum kebeli. Jujur waktu itu kita benar-benar belum bisa lega karena belum dapat tiket pulang. Rencananya mau beli via online lagi. Masalah pembayaran terulang kembali. Kok kayak de javu aja. Kalau mau transfer kita harus lewat UOB. Lha bingung kan, kita sempat bertanya ke banknya langsung, kalau mau buka rekening prosedurnya susah. Hah, kita mulai gontai karena tak dapat petunjuk. Tak kehabisan akal, kita langsung meluncur mencari Travel Agent di sepanjang jalan yang dilewati.

Dan ketemu! Lumayan jauh sih dari rumah. Kita bertanya perihal cara membeli tiket pulang beserta harganya. Kita nggak langsung deal memesan hari itu juga. Masih dipikir-pikir karena kurang yakin. Dududuh, ketahuan newbie banget. Lalu belinya kapan? Dua mingguan setelah itu, karena kepentok libur Natal dan Tahun Baru, Travel Agent-nya tutup. Kita baru tahu, ternyata membeli tiket lewat Travel Agent itu lebih mudah dan praktis. Kita tinggal mau bilang mau terbang kapan dan dengan maskapai apa. Petugasnya yang memesankan lewat online lalu kita tinggal membayar tunai SAH! ;P. Solusi tepat buat yang tidak punya kartu kredit, kayak aku. Mbak petugasnya bilang kalau nanti sudah H-14 sebelum keberangkatan bisa dibantu web check-in. Nah, dari situlah kita tahu check-in itu apa. Dan dengan polosnya kita tanya, harus diapakan struk pembelian dari Indomaret ini.hahaha….

Jadi check-in itu sejenis daftar ulang untuk memilih tempat duduk. Check-in yang dilakukan sendiri lewat online dinamakan web check-in. Lebih cepat daripada dilakukan langsung ketika di bandara pada hari H keberangkatan. Owalah ;D

Yah, seperti itulah kisah pertama kali memesan tiket pesawat. Dulu nggak kepikiran buat pakai aplikasi di smartphone gitu. Udah bisa beli promo lewat online dan berhasil bayar lewat Indomaret aja udah seneng banget. Rasanya kayak berhasil menuntaskan misi menyelamatkan dunia.haha…

Rincian Tiket PP Solo – Singapura

Berangkat

  • Date: 10 Februari 2015
  • Boarding Time: 14:45
  • Flight: QZ376
  • Seat: 17B
  • Price: IDR 434.000

Pulang

  • Date: 12 Februari 2015
  • Boarding Time: 13:40
  • Price: IDR 959.000
Advertisements

One thought on “Terjawab Sudah, Check-in Itu Apa?

  1. Pingback: Packing For 9D8N | Summer Ballads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s