Pengalaman Pertama Pesan Hostel Via Online

Pengalaman Pertama Pesan Hostel Via Online

Jendela.jpg

Kamar Hostel. Dapet bed atas.

Hostel oh Hostel

Bagi seorang backpacker, menekan pengeluaran seminimal mungkin adalah keharusan. Mereka bahkan lebih gigih mencari tiket atau penginapan yang sedang promo sampai dini hari. Dan mereka juga pandai menyiasati setiap keadaan untuk mencekat isi dompet mereka. Pantang menyerah ya.

Seperti backpacker lainnya, kami memilih tempat penginapan yang murah namun tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan. Untuk mendapatkan penginapan ada beberapa pilihan seperti hotel, hostel, couch surfing, pondok. Hotel sudah dicoret paling awal. Karena kau tahu, mendengar namanya saja sudah kelihatan mahal. Couch surfing juga nggak mungkin karena waktu itu kita belum benar-benar mengerti apa itu couch surfing.haha…#DasarNewbie. Akhirnya, pilihan kita jatuh ke hostel seperti yang kebanyakan backpacker lakukan, atau setidaknya begitulah menurut buku-buku yang kubaca.

Awalnya kita mau pakai jasa Travel Agent untuk memesannya karena lagi-lagi kepentok kartu kredit. Mereka siap membantu mencarikan, bahkan memberikan rekomendasi tempat yang aman untuk backpacker perempuan. Dia lupa kalau aku juga akan traveling bareng Willy. Beberapa yang Mbak Travel Agent-nya rekomendasikan di antaranya 5 Footway Inn di Project Bugis. Sekamar bisa dipakai tiga orang. Kami pikir dua kali karena harganya Rp 210,000/kamar/malam.

Karena tidak jadi memesan visa Travel Agent, Mbak Aan coba cari di internet ada yang lebih murah atau tidak. Banyak sekali hostel yang bertebaran dengan harga bersaing dan fasilitas yang bervariasi. Rata-rata mereka menawarkan free wi-fi, loundry, dapur. Beberapa di antaranya sarapan gratis. Setelah jari dan mata bekerja, pilihan jatuh kepada…..*suara drum* Footprints Hostel! #TepukTanganPlokPlokPlok. -_-.Footprints Backpacker Hostel terletak di 25A Perak Road, Little India dan cukup dekat dengan MRT Little India. Kita memilih mix dorm dengan 12 bed. Fasilitasnya dapat free wi-fi, laundry, dan free breakfast. Lagipula waktu itu pas ada promo. 142.665/bed/malam. Langsung ambil deh.

Tidak punya kartu kredit? Oh tidak masalah. Tidak memiliki kartu kredit menuntut kita jadi lebih kreatif. Salah satunya dengan bertanya sama Mbah Google lagi. Ternyata jasa yang membantu pembelian tiket pesawat dan pemesanan hostel itu banyak bertebaran di internet. Kalau kemarin kita menggunakan jasa GoodView Travel (info@goodviewtravel.com) untuk membayar via Agoda.

Agoda Booking.jpg

Simple Tips From Newbie

Sebelum memutuskan untuk order dengan jasa, sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Ikutilah tips ala newbie:

  1. Pastikan dulu tanggal menginap dan kita tahu harganya. Jangan asal tunjuk hostelnya. Konversikan ke rupiah, dengan begitu kita bisa mengira-ngira budget yang dibutuhkan terlalu mahal atau sudah cukup murah.
  2. Cek fasilitas yang diberikan seperti sarapan, laundry, wi-fi.
  3. Jarak antara hostel dengan stasiun, terminal atau bandara. Ada bagusnya juga kalau dekat juga dengan restoran dan tempat ibadah.
  4. Pilih daerah yang tidak terlalu sepi demi keamanan dan kenyamanan terutama bagi yang Solo Travel. Ada beberapa daerah di Singapura yang sedikit rawan. Jangan terkecoh dengan harga murah. Kita harus jeli dan banyak survei. Jadi meskipun kekeuh memesan hostel murah, tapi keselamatan tetap yang paling utama.
  5. Kalau kita sudah mendapatkan hostel yang dirasa cocok, coba bandingkan dengan hostel-hostel lainnya. Siapa tahu ada promo, diskon atau penawaran lain.
  6. Yang paling penting, kita tidak boleh malas membaca review hostel dari traveler yang sudah pernah singgah. Jangan langsung booking, foto bagus belum tentu stafnya ramah atau belum tentu juga kasurnya nggak kutuan.hehe…

Sudah tahu mau menginap dimana? Hal selanjutnya order lewat jasa GoodView Travel. Ada hostel yang bayar belakangan setelah kita tiba, ada juga hostel yang langusng bayar full. Caranya cukup mudah ternyata. Setelah menentukan hostel yang akan dipesan. Langsung kirim via e-mail dengan detail berikut nama pemesan (sesuai paspor), nomor paspor, nama hotel, alamat hotel, lama tinggal, tanggal dan tipe kamar. Setelah mendapat rincian biaya langsung deh transfer ke rekening yang ditunjuk. Transfer ditunggu hingga 2 jam, jika dalam waktu 2 jam tidak transfer maka pemesanan diulang dari awal. Kalau pembayaran sudah beres, kita akan dikirimi voucher via e-mail, tinggal di-print out. Sekian dan terima kasih. ;D

How to Get There

Jika ingin pergi ke Footprints Backpacker Hostel bisa menggunakan dua alternatif transportasi:

  • MRT Little India Exit C
  • Bus Stop: 07031 (Buses: 23, 64, 65, 66, 67, 131, 139, 147, NR6, 857). Berhenti di Serangoon Rd
  • Bus Stop: 07529 (Buses: 64, 65, 130, 139, 147, NR6, 857). Berhenti di Jalan Besar.
  • Bus Stop: 07539 (Buses: 2N, 4N, 48, 56, 57, 131, 166, 170, 851, 960, 980). Berhenti di Sungei Rd

More Detail About Footprints Backpacker Hostel

Tertarik dengan hostel yang satu ini? Bisa cek informasi selengkapnya di bawah ini:

 

Advertisements

3 thoughts on “Pengalaman Pertama Pesan Hostel Via Online

  1. Pingback: Day 1: Mencuri Waktu Untuk Liburan Sejenak | Summer Ballads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s