Few Review: 304th Study Room

Few Review: 304th Study Room

304th Study Room

The Story

Ruang Belajar 304

304th Study Room adalah komik LINE Webtoon karya Felicia Huang yang bertemakan drama. Menceritakan tentang perjuangan 5 siswa-siswi terpilih yang mengikuti 40 hari karantina untuk meraih medali emas OSN di Riau. Lima siswa siswi tersebut adalah Desyca, Dirga, Reihan, Juna dan Bejo. Dari kelimanya hanya Desyca satu-satunya perempuan dan berasal dari SMAN 1 Pekanbaru di tim itu. Sisanya adalah siswa tampan dari sekolah elit Binusvi. Desyca awalnya bahagia setengah mati karena dia tak perlu pergi ke sekolah. Tapi begitu bertemu dengan teman-teman satu timnya dia pikir salah masuk ruang bacsecamp boyband.haha…

Reihan dan Bejo bisa menerima Desyca di tim mereka. Namun Dirga tidak terima dengan adanya cewek di tim mereka. Dia menganggap cewek itu tidak berpikir logika tapi mengandalkan emosi. Dan perkenalan keduanya berakhir dengan taruhan siapa yang akan mendapat nilai lebih tinggi. Jika Desyca yang menang, Dirga harus memakai baju maid dan menjadi pembantunya selama sebulan. Jika Dirga yang menang, Desyca harus menyumpal hidungnya dengan kaos kaki Dirga yang disimpan di keranjang cucian selama 40 hari.

SMA Binusvi Garuda Satyanegara

Konsep Seragam Bnusvi

Yang paling menarik di 304th Study Room adalah sekolah dari keempat pangeran itu. Binusvi atau Bina Khusus Provinsi Garuda Satyanegara adalah sekolah elit yang hanya menerima siswa-siswi pilihan dan merupakan sekolah terbaik di Riau. Sekolah tersebut mengumpulkan pelajar-pelajar terbaik dalam segala bidang. SMA ini mendominasi komeptisi sains dan olahraga nasional. Seleksi masuknya ketat, IQ minimun 120 bahkan ada batas BMI juga dan hanya menerima 300 siswa per tahunnya. Untuk masuk sekolah ini melalui dua jalur yaitu jalur beasiswa dan jalur berbayar dengan presentase 80%: 20%. Alumni Binusvi disalurkan ke Universitas terbaik di Indonesia bahkan dunia. Sedangkan yang sudah sarjana mendapat jaminan diterima sebagai PNS di Riau.

Tapi dibalik gemerlapnya sekolah itu ada praktek jual beli kursi. Jadi sistemnya, setiap tahun mencabut beasiswa murid dan anak-anak tidak ada alasan untuk pindah sekolah karena biaya di Binusvi sangat mahal. Dan ‘bangku kosong’ yang mereka tinggalkan akan dibeli mahal oleh orang tua yang berambsisi menyekolahkan anaknya di Binusvi. Setiap ‘bangku kosong’nya dengan bandrol 20-50 juta ke pihak yang ingin anaknya masuk. Biasanya siswa yang dicabut beasiswanya adalah siswa non pribumi dari keluarga sederhana, karena mereka tidak dianggap ‘putra daerah.’

The Character

Desyca Taniadi

Desyca

Desyca adalah gadis tomboy yang malesnya setengah mati tapi hokki. Iseng-iseng mengikuti seleksi OSN tanpa disangka ternyata lolos tingkat provinsi. Motivasinya ikut seleksi agar dia bisa bolos sekolah karena jika lulus seleski otomatis harus mengikuti karantina 40 hari.

Sebenarnya Desyca anak yang pandai dan memiliki cita-cita yang tinggi menjadi seorang astronot di NASA. Tapi karena ibunya beranggapan bahwa anak perempuan tidak perlu bersekolah tinggi-tinggi karena toh nanti hanya akan jadi istri orang. Menurut ibunya, kuliah hanya untuk formalitas saja. Bahkan ibunya bisa mencarikan calon suami kaya raya. Dari situlah, Desyca beranggapan tidak perlu sekolah rajin-rajin toh hanya menjadi istri orang.

Ibu Nurul selaku Kepala Sekolah Desyca, mempunyai jalan tengah. Jika Desyca mampu menembus emas di OSN, beliau bisa membujuk ibu Desyca agar Desyca bisa kuliah ke luar begeri hingga S3.

Terlepas dari masalah pribadinya, yang membuat Desyca kepikiran adalah teman-temannya satu timnya tak pernah berbagi cerita tentang masalah masing-masing.

Dirga Mahesa Wijaya / Huang Jian

Dirga

Dirga adalah tokoh yang memiliki masa lalu paling kelam. Sehingga membuatnya trauma terhadap banyak hal terutama perempuan. Kelahiran Dirga tidak pernah diinginkan oleh sang ibu. Ibu Dirga bercita-cita menjadi seorang pramugari namun kelahiran Dirga merenggut impiannya. Sejak kecil ibunya menyiksa Dirga untuk melampiaskan amarahnya. Itu sebabnya ada bekas luka yang lebar di punggunya. Ayahnya pergi entah kemana.

Dirga kemudian diadopsi oleh keluarga yang menyayanginya sesaat setelah ibu kandungnya masuk rumah sakit jiwa. Disitu dia bisa merasa bahagia.

Dirga tidak pernah dekat dengan perempuan. Selain trauma yang dibuat oleh sang ibu, kejadian yang dialami oleh Maria, sahabatnya membuat dia enggan berteman dengan cewek.  Dirga sering memanggil Laoshi, gurunya dengan Laogong yang artinya suami. Dan sering nyeletuk kalau dia suka dengan tipe ‘duda ganteng kaya raya’.

Sebenarnya Dirga berbakat menjadi musik dan suaranya bagus sudah pernah ditawari kontrak dengan agensi Korea.

Reihan Rizaski

Reihan

Reihan adalah putra dari gubernur Riau, Teuku Ahmad Effendi. Mempunyai rambut gondrong yang dicat warna oranye terang dan bertindik. Suka berkelahi cari masalah tapi hobi masak. Cita-citanya menjadi ahli Gastronomi Molekuler. Penampilannya aja yang bad boy tapi sebetulnya hatinya lembut. Itu tak lain dari bentuk protes dirinya terhadap orang-orang yang menghinanya.

Reihan masuk Binusvi lewat jalur beasiswa tapi guru-guru di tempatnya ia belajar melabeli Reihan masuk melalui jalur ‘titipan’ ayahnya yang seorang guberbur. Ia juga dicap sebagi anak haram karena berbeda dengan kedua orang tuanya yang berras pure Melayu. Reihan mempunyai warna mata kuning amber, rambut coklat terang dan wajah berbintik. Dia sering memakai contact lens dan concelear untuk menyamarkan warna kulit dan matanya. Pak Zam merupakan alasan dia mengecat rambutnya menjadi oranye. Karena pada saat MOS, Pak Zam memarahi Reihan karena rambutnya berwarna coklatpadahal itu rambut aslinya. Reihan sudah berulang kali kena tilang di kantor polisi karena kasus vandalisme, menyetir mobil sejak SMP tanpa SIM kebut-kebutan dan mencoret-coret spanduk gubernur. Sampai kantor polisisnya senyaman rumah sendiri. Duh dasar Reihan.

Sama seperti Desyca, orang tua Reihan tidak menyukai kalau Reihan ikut OSN. Karena ayahnya gubernur dan ibunya seorang ketua DPRD maka mereka ingin Reihan masuk di ranah politik mengikuti jejak orang tuanya. Setelah lulus, ayahnya menginginkan Reihan kuliah ilmu politik di Amerika. Masalah Reihan tak sampai disitu, ayahnya juga terjerat kasus korupsi.

Arjuna Wira Atmadja

Arjuna

Juna paling pendek dibanding dengan teman-teman setimnya termasuk Desyca. Inilah yang membuat dirinya desperate padahal dia paling tua di antara teman-teman setimnya. Hobinya nge-game dan hanya berhasrat dengan cewek 2 dimensi. Favoritnya adalah loli kuncir dua.

Hobi menggambarnya tak disetujui oleh sang ayah. Maka dari itu ayahnya sering memukul tangan kirinya dengan bambu bahkan melukai memakai silet. Bahkan ayahnya membakar semua karya-karyanya. Jadi motivasi Juna ikut OSN adalah mengumpulkan sertifikat prestasi sebanyak-banyaknya lalu membakar di depan sang ayah.

Benedict Elliot Johannson / Bejo

Bejo

Bejo adalah putra dari pemilik perusahaan Petropacific keturunan Amerika. Berhasil mengikuti OSN karena sudah mengubah warga negaranya menjadi WNI. Dia adalah pemimpin dari tim OSN dan merupakan mantan ketua klub basket.

Meskipun dia ditunjuk sebagai leader tapi dia  merasa kurang percaya diri dengan kemapuannya kadang merasa dirinya adalah ketua yang buruk.

Kenal Dirga sejak SMP dan satu-satunya orang yang tahu sejarah kelam Dirga. Oh iya, meskipun dia merupakan warga keturunan asing tapi beasiswanya tidak mungkin dicabut karena ayahnya penyumbang terbesar di Binusvi.

Lie Yanjie / Arya Adjie Liedarto / Laoshi

Yanjie

Yanjie adalah guru pembimbing tim OSN. Dia merupakan Kepala Divisi Teknologi DC Group. DC group adalah perusahaan milih Park Hyunbin.

Setelah kakaknya meninggal karena kerusuhan, Yanjie dipaksa untuk pindah ke Taiwan. Di Taiwan kehidupan sekolahnya tak pernah menyenangkan. Selalu saja di-bully dan bahkan pacarnya hanya memanfaatkan kepintaran Yanjie. Setelah itu dia berkenalan dengan Park Hyunbin, murid pindahan dari Korea. Dia membantu Hyunbin dari para pembully. Dan setelah perkenalan itu, tiba-tiba saja orang tua Hyunbin yang merupakan atasan ayah Yanjie ingin mengangkatnya sebagai anak. Meskipun orang tua Hyunbin mengadopsinya tapi dia masih boleh tetap tinggal bersama ayah dan ibu kandungnya. Ini dikarenakan Hyubin anak tunggal dan ingin mempunyai saudara. Yanjie yang mengagumi Hyubin lambat laun menirukan penampilan Hyubin. Dia mulai meindik dan mengecat rambutnya.

Yanjie mengajukan cuti 2 bulan tapi pamitnya libura untuk mengunjungi keluarganya. Pada kenyataannya dia menjadi sukarelawan membantu Pak Zam untuk membina anak-anak OSN. Dia dulu alumni Binusvi tapi beasiswanya dicabut hanya karena hal sepele. Maka dari itu dia sangat mengerti perasaan Dirga yang sekarang ini berada di posisi yang sama seperi dirinya. Namun sesuatu yang tak diinginkan terjadi. Hyunbin mengetahui hal yang sebenarnya dan menjemput paksa Yanjie untuk pulang ke Korea.

Zam Gufroni

Pak Zam

Pak Zam adalah guru Fisika yang sudah mengajar 10 tahun di Binusvi. Dia merupakan guru pendamping anak-anak OSN. Sering dijuluki Jomblo 35 tahun. Baginya karier manjadi prioritas utama.

Pak Zam sebenarnya tahu trik kotor yang ada di balik Binusvi. Tapi memilih bungkam karena berbagai pertimbangan. Mantan pacarnya adalah Bu Nurul yang sekarang adalah kepala sekolah SMA N 1  tempat Desyca belajar dan suaminya (yang juga sahabat Pak Zam) beberapa tahun silam berusaha untuk menguak trik kotor tapi langsung dipecat dan bahkan keluarganya kena teror. Pak Zam yang terlibat saat itu tidak dipecat  karena kepala sekolahnya saat itu merupakan murid dari ayah Pak Zam.

Park Hyunbin

Hyunbin

Park Hyunbin adalah CEO dari DC Group di Korea Selatan. Dia merupakan kakak angkat dari Lie Yanjie dan sering dipanggil Gege (kakak). Pertama kali bertemu dengan Yanjie di Taiwan ketika Yanjie di-bully oleh teman-teman satu SMA-nya pada Agustus 2006. Hyunbin menyelamatkan Yanjie dengan alat kejut listrik. Saat itu Hyunbin menunjukkan bekas luka yang membekas di badannya kepada Yanjie. Hyunbin bercerita bahwa bekas luka yang dia derita diperolehnya karena melawan penculik. Sebagai seorang anak dari pemilik perusahaan besar, ayahnya memiliki banyak musuh. Alih-alih pasrah, dia lebih memilih untuk melawan mereka. Itulah yang membuat Yanjie terinspirasi pada Hyunbin, yang merupakan murid pindahan dari Korea Selatan. Yanjie mulai belajar bela diri.

Tak disangka, orang tua Hyunbin mengangkat Yanjie sebagai anak. Sejak saat itu mereka mulai akrab. Hingga Hyunbin memiliki perusahaan DC Group dan menjadikan Yanjie sebagai ‘aset’ berharga perusahaannya.

The Review

304th Study Room Logo

304th Study Room merupakan pengembangan dari cerita Classbreak. Classbreak sendiri meliliki genre slice of life yang penah tampil di Line webtoon challange beberapa saat. Ceritanya diambil dari pengalaman sang author yang sering mengikuti lomba OSN.

Menurutku ceritanya sangat menarik, konfliknya menyegarkan dan pendalaman setiap karakter dengan cerita di baliknya sendiri, anti mainstream dan nggak mudah ditebak. Apalagi sang author ingin menyampaikan isu-isu terhangat di negeri ini seperti korupsi, sisi gelap pendidikan, permainan orang-orang yang memiliki kedudukan tinggi serta anak-anak yang tumbuh dengan memiliki trauma tertentu. Ini cerita recommended banget buat yang bosan dengan cerita romance tapi masih tetap ingin menikmati cogan-cogan yang bertebaran. Dari segi artwork-nya keren dan sense of fashion-nya juga bagus. Banyak juga kutipan menarik yang bisa ditemukan disitu. Referensi untuk tokoh tokohnya kebanyakan dari idol K-Pop, namun ada beberapa yang mengambil referensi dari artis Hollywood. Nggak berlebihan kalau 304th Study Room adalah the best webtoon comic menurut versiku.

The Detail

  • Judul: 304th Study Room
  • Author: Felicia Huang
  • Genre: Drama
  • Release: 26 Februari 2016 – 3 Februari 2017 (Season 1), 27 Mei 2017 – On going (Season 2)
  • Episode: 48 (Season 1), On going (Season 2)
  • Terbit: setiap Sabtu
  • Publisher: LINE Webtoon (online)

The Gallery

Cuplikan komik 304th Study Room di LINE Webtoon

Cuplikan komik 304th Study Room di LINE Webtoon

Cuplikan komik 304th Study Room di LINE Webtoon

Cuplikan komik 304th Study Room di LINE Webtoon

Cuplikan komik 304th Study Room di LINE Webtoon

Cuplikan komik 304th Study Room di LINE Webtoon

Cuplikan komik 304th Study Room di LINE Webtoon

Cuplikan komik 304th Study Room di LINE Webtoon

Cuplikan komik 304th Study Room di LINE Webtoon

Cuplikan komik 304th Study Room di LINE Webtoon

Note: semua gambar diambil dari screenshot komik 304th Study Room di LINE Webtoon

Advertisements

One thought on “Few Review: 304th Study Room

  1. Pingback: 304th Study Room Quote | Summer Ballads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s