Buka Bersama Paling Berkelimpahan Makanan

Buka Bersama Paling Berkelimpahan Makanan

Gelas Kopi Tapi Isinya Teh. Hoax! ;P

Ramadhan Itu… Spesial!

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial bagi umat muslim. Mereka berpuasa sebulan penuh dan berkesempatan menjalankan ibadah-ibadah sunah seperti sholat Tarawih dan juga merasakan bangun sepertiga malam terakhir buat sahur. Yang awalnya nggak suka sholat Subuh jamaah di masjid pas puasa jadi rajin banget. Yang awalnya sepi-sepi amat malam jadi ramai karena bunyi petasan. Dari sekian banyak kegiatan yang paling spesial kalau menurutku sih Buka Bersama. Buka Bersama jadi ajang silaturahim dan berkumpul dengan rekan kerja, sohib bahkan teman sekolah dulu. Tapi siap-siap ditanya pertanyaan horor sih seperti “kapan lulus”, “kapan nikah”, “kapan punya baby” dan “kapan-kapan” yang lain.  Kok berasa Koes Plus ya –__–

Restauran dan tempat makan dimanapun nggak ada sepi. Saat Buka Bersama pasti penuh dipesan oleh rombongan reuni tersebut. Benar-benar panen ya! Ngomong-ngomong masalah Buka Bersama, dulu sih pas habis lulusan SMA banyak undangan Buka Bersama. Dari teman SD, SMP, SMA dan kuliah. Tapi semakin ke sini jarang ada yang ngajakin keluar. Maklum semakin dewasa seseorang semakin waktu, tenaga dan pikiran terkuras untuk keluarga kecil mereka. Domisili juga sudah pindah karena ikut suami atau bekerja ke luar kota bahkan ke luar negeri. Jadi susah menyatukan waktu untuk berkumpul.

Buka Bersama Itu… Banyak Makanan!

Segernya…

Untuk Ramadhan tahun ini, aku hanya Buka Bersama di luar sebanyak empat kali. Yang pertama, bareng kedua adikku (Bety dan Novi). Kedua, bareng teman-teman kuliah S2-ku (yang ini habisin uang kas). Ketiga, bareng anak-anak dan rekan guru di sekolah. Dan yang terakhir, bareng Bety dan Mbak Aan. Buka Bersama terakhir itu yang paling mendadak. Suruh ibuku cari makan di luar soalnya ibuku nggak masak.haha….

Sekolahku sudah pernah tiga kali mengadakan Buka Bersama. Tapi yang tahun kemarin aku nggak bisa dateng karena sedang UAS di kampus. Kalau yang pertama aku datang karena penasaran. Untuk tahun ini karena free makanya aku bisa ikut. Anak-anak berkumpul sekitar pukul 4 sore. Karpet hijau dan tikar sudah siap digelar di halaman sekolah. Sound system beserta lagu-lagu islami sudah ready untuk beraksi. Anak-anak kelas IV, V dan VI sudah berkumpul di halaman bersama dengan SD sebelah. Salah satu guru sudah memberikan ceramahnya. Ramai dan kelihatan menyenangkan sekali. Tapi sayang seribu sayang, hujan tiba-tiba turun deras. Membuat suasana jadi kacau. Ada yang berlari berteduh dan ada yang sibuk menyelamatkan karpet. Duh, padahal biasanya terang benderang lho. Akhirnya anak-anak masuk ke dalam mushola terpisah dengan SD sebelah.

Aku berserta guru-guru perempuan yang lain menyiapkan menu Buka puasa dibantu oleh salah dua wali murid. Menu kami waktu itu:

  • Nasi kotak isi ayam goreng (untuk guru)
  • Nasi kotak isi ayam kremes (untuk anak)
  • Buahnya semangka, anggur, jeruk
  • Mie goreng sumbangan salah satu murid
  • Teh hangat
  • Cocktail tapi aslinya es buah
  • Rawon
  • Telur balado tiga gelinding
  • Sebungkus plastik nasi

Uwoo, segitu banyaknya hanya habis makan mie goreng dan teh hangat. Sisanya dibawa pulang. Daripada tahun lalu dan tahun lalunya lagi, Buka Bersama tahun ini memang berkelimpahan makanan. Bisa buat sahur dan buka puasa di rumah hari berikutnya.

Anak-anak Sedang Menanti Buka di Dalam Kelas

Setelah mendengarkan ceramah di mushola, anak-anak diarahkan untuk masuk ke kelas masing-masing. Setiap meja sudah disediakan menu buka hari itu. Nggak butuh waktu lama, anak-anak sudah jamaah sholat maghrib kemudian diperbolehkan pulang. Guru-guru juga begitu, karena sebagian besar mau buru-buru sholah jamaah Taraweh. Jadi sebelum jam setengah tujuh aku dan guru-guru lain sudah pulang ke rumah masing-masing.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s