De ARCA, Madame Tussauds Versi Jogja

De ARCA, Madame Tussauds Versi Jogja

De ARCA

What is De ARCA?

De ARCA adalah museum patung yang berlokasi di XT Square, Jl. Veteran No. 150 – 151, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161. De ARCA satu kompleks dengan De MATA 1 dan De MATA 2 yang menjanjikan tempat terbaik untuk berfoto. De MATA 1 dan De MATA 2 merupakan trick eye museum, cuma bedanya De MATA 1 adalah museum foto 3D yang menyediakan lebih dari 100 gambar sedangkan De MATA 2 adalah museum 3D yang menyediakan lebih dari 50 gambar ditambah gambar 4D, Mirror Illusion, Augmented Reality dan Costume Booth.

De ARCA sendiri memajang patung-patung tokoh Indonesia dan juga internasional. Patung-patung di De ARCA ditempatkan berdasarkan 4 kategori yaitu Pahlawan-pahlawan Nasional, Tokoh-tokoh Dunia, Super Heroes dan Celebrities.

Harga tiket masuk ke tiga museum tersebut dibedakan berdasarkan jam dan hari. Bagi yang berulang tahun pada tanggal kunjungan tidak dikenakan biaya masuk.

  • Senin – Jumat (10.00 – 15.00)
    • De MATA 1: Rp 30,000
    • De MATA 2 (upper ground): Rp 30,000
    • De ARCA: Rp 35,000
    • Terusan: Rp 90,000
  • Senin – Jumat (15.00 – 22.00)
    • De MATA 1: Rp 40,000
    • De MATA 2 (upper ground): Rp 40,000
    • De ARCA: Rp 50,000
    • Terusan: Rp 100,000
  • Sabtu, Minggu, Libur Nasional dan Peak Season (10.00 – 22.00)
    • De MATA 1: Rp 50,000
    • De MATA 2 (upper ground): Rp 50,000
    • De ARCA: Rp 60,000
    • Terusan: Rp 120,000

De MATA 2 mempunyai booth foto kostum yang bisa disewa, terdiri dari kostum pakaian tradisional Jepang (Kimono), pakaian tradisional Korea (Hanbook), pakaian tradisional Belanda (Klederdracht) dan pakaian tradisional Mesir (Kalasiris). Untuk bisa berfoto dengan kostum, pengunjung harus membayar tiket masuk De MATA 2. Harga paket foto De MATA 2 sebagai berikut:

  • Paket Foto Kostum
    • Paket Individu (1 orang)
      • Harga: Rp 75,000
      • Keterangan: 3x Foto dan 1x cetak 6R dan 1 CD
    • Paket Family A (2 – 5 orang)
      • Harga: Rp 150,000
      • Keterangan: 3x Foto dan 1x cetak 6R dan 1 CD
      • Lebih dari 5 orang tambahan Rp 25,000/orang
  • Paket Foto Wahana De MATA 2
    • Paket A (1 – 5 orang)
      • Harga: Rp 75,000
      • Keterangan: 8x Foto dan 1x cetak 6R dan 1 CD
    • Paket B (1 – 5 orang)
      • Harga: Rp 115,000
      • Keterangan: 15x Foto dan 1x cetak 6R dan 1 CD
  • Paket Foto Greenscreen Photobooth
    • Paket A (1 – 5 orang)
      • Harga: Rp 50,000
      • Keterangan: 3x Foto dan 1x cetak 6R dan 1 CD
  • Cetak Foto Tambahan
    • Paket Cetak Foto
      • Harga: Rp 25,000/lembar cetak 6R

Oh iya, ada satu museum lagi yang baru dibuka pada tanggal 23 Juni 2017 namanya De WALIK, yaitu spot foto terbalik.

Madame Tussauds Versi Jogja

Kesambet Goloknya Pattimura T___T

Pernahkah kamu membayangkan bisa bertemu dan berfoto dengan tokoh-tokoh penting dunia? Kalau aku sih pernah. November tahun 2015 lalu di Bangkok, Thailand. Meskipun hanya berupa patung lilin di Madame Tussauds.hehe… Harga tiket Madame Tussauds cukup mahal, belum juga tiket pesawat dan akomodasinya. Tapi nggak perlu khawatir, sekarang di Jogja ada lho tempat dimana kita bisa berfoto sepuasnya dengan tokoh-tokoh penting dunia macam Obama, Valentino Rossi, Tom Cruise, Mr. Bean bahkan Captain America. Bukan terbuat dari patung lilin sih tapi cukup mirip kok. Namanya De ARCA.

Mendengar ada De ARCA, aku penasaran ingin ke sana. Satu kompleks De ARCA, sebenarnya ada De MATA 1 dan De MATA 2 yang isinya trick eye 3D dan 4D. Tapi berhubung dulu udah pernah foto ala-ala trick eye di Solo Square jadi aku skip. Lagipula membayangkan foto di lebih dari 200 gambar entah sampai kapan selesainya.haha..

Dua hari sebelum cuti bersama lebaran, tepatnya hari Rabu tanggal 21 Juni 2017, aku pergi ke Jogja untuk mengunjungi De ARCA. Seperti biasa, rombonganku terdiri dari Mbak Aan, Bety dan Novi. Rencana kami akan menghabiskan 2 hari di Jogja. Tujuan pertama kami adala De ARCA.

Aku, Mbak Aan dan Bety berangkat menggunakan kereta Prameks di jam 9.15 dari stasiun Purwosari. By the way, sekarang nggak perlu lagi pusing kehabisan tiket dan akhirnya terpaksa menggunkan moda transportasi bus. Seperti pengalamanku ke Jogja yang lalu, waktu mengunjungi Prambanan itu lho. Nah, sekarang tiket sudah bisa dipesan maksimal satu minggu sebelum keberangkatan dan kepulangan. Iya, benar. Sekarang bisa pesan tiket PP sekaligus. Cukup mengisi formulir dengan identitas (nama dan nomor KTP), tanggal, jam dan jenis kereta yang digunakan. Sangat mudah.

Karena kami sudah mengantongi tiket, jadi kami langsung masuk ke area penumpang. Tiket kami dipindai dengan menunjukkan KTP. Begitu sampai di stasiun Lempuyangan, Novi sudah menunggu di parkiran. Dia membawa motor dari kost-nya. Tapi motornya diparkir dan kami berempat meluncur ke De ARCA di XT Square menggunakan Go-car. Semenjak maraknya angkutan online, segalanya jadi mudah. Meskipun ada pro kontranya. Seperti yang kulihat di sekitar stasiun Lempuyangan yang memajang MMT tentang himbauan kepada angkutan online dalam mengambil penumpang harus dalam radius tertentu dari stasiun. Jadi kami terpaksa harus sedikit jalan kaki menjauhi stasiun. Kami menunggu Go-car di bawah jembatan layang.

Dari stasiun Lempuyangan ke XT Square hanya berjarak 4,4 km. Kami tiba sekitar pukul setengah sebelas. Sebelum membeli tiket, kami mencari toilet di basement atau apa ya itu namanya, yang biasa kerajinan dan industri kreatif. Lapaknya sudah banyak yang tutup. Di tengah basement itu ada tangga yang mengahalangi jalan. Aku berpikir, ini kenapa bangun tangga di tengah-tengah sih? Menuju kemana tangga ini? #BerasaDetektif ;P

Pintu Masuk De ARCA

Tiket Masuk De ARCA

Ticket box De Arca berada di atas. Karena kami berkunjung pada jam 11-an, kami mendapat harga 35.000. Ketika kami masuk hanya ada beberapa orang. Bersyukur sih nggak terlalu ramai, bisa pose sepuasnya. Apalagi kami membawa tripod. Bisa bebas foto sambil gelindingan tanpa ada yang menganggu.hehe…

Tata Tertib di De ARCA

Paling dekat dengan pintu masuk kami disambut oleh pahlawan-pahlawan Nasional. Di sini terdapat patung-patung presiden dan pahlawan nasional yang masih sehat walafiat maupun yang sudah gugur. Seperti Joko Widodo, Soekarno, SBY, Soeharto beserta Ibu Tien, B.J Habibie beserta Bu Aiun, Megawati, Gusdur, Patimura, Dahlan Iskan, Raden Ajeng Kartini, Dowes Dekker, W.R Supratman, Oemar Said Tjokroaminoto, Mbah Maridjan, Teuku Imam Bonjol, Cut Nyak Dien dan beberapa tokoh yang biasanya ada di uang kertas. Aku paling excited foto dengan Ibu Kartini. Posenya duduk cantik dengan kebaya beludru hitam dan sanggul sederhana. Aku tergoda buat selfie dengan Ibu Kartini. Tapi kok jadi parno gitu ya, gimana kalau tiba-tiba kepalanya bisa berpaling sendiri. #eh #KebanyakanNontonFilmHoror.

Pahlawan Nasional

Mbah Maridjan. Rosa! Rosa! ;P

Mantan Presiden Kita Beserta Ibu Negara

Hayoo, bisa nggak nyebutin nama keempat pahlawan ini?

W.R. Supratman

Ibu Kartini

Aku: “Pak, sepedanya sudah bisa saya ambil kan?”
Pak Jokowi: “Ya udah, sana ambil di belakang.”

Oh iya, aku baru sadar kalau kita ini sebenenarnya punya presiden yang ganteng-ganteng lho. Atau setidaknya patungnya kelihatan ganteng. Apalagi Pak Harto versi mudanya. #PadahalBiasanyaKepincutSamaKetampananPakKarno

Pak Hartonya Ganteng >_<

Di sebelah pahlawan nasional ada tokoh-tokoh dunia. Background patung di-setting sesuai dengan negaranya. Tokoh dunia yang terpajang patungnya adalah Lady Diana, Queen Elizabeth, Yaser Araffat, Hitler, Obama, Margareth Teatcher, Kaisar Hirohito, Mao Zedong, orang paling gemuk sedunia, orang paling tinggi sedunia dan orang paling kecil sedunia. Paling suka foto di antara Lady Diana dan Queen Elizabeth. Berasa keluarga kerajaan.haha…

Beautiful Ladies

Orang-orang yang masuk rekor dunia

Hitler

Semakin masuk, semakin menarik tokoh yang kami temui. Selanjutnya kami masuk ke kategori Super Heroes yang memajang patung Captain America, Black Widow, Rambo, Wolverine dan tokoh-tokoh super hero Marvel lainnya. Tapi yang paling menarik dari patung super heroes yang ada adalah Mbah Spiderman. Spiderman raksasa yang duduk santai di atas bola dunia. Memakai jarik dan blangkon gitu. Eh, tapi aku baru nyadar kalau kukunya Mbah Spiderman warnanya pink. Habis pakai kuteks apa ya. ;P

Super Heroes

Mbah Spiderman

Salah Fokus sama Kukunya Mbah Spiderman

Zona terakhir yang kami temui adalah zona celebrities. Diva pop dunia berjejer jadi satu Taylor Swift, Lady Gaga dan Katy Perri. Ternyata di antara ketiganya Lady Gaga yang paling pendek. Ada Harry Potter yang tak kalah pendeknya. Tapi nggak sekalian ada Hermione sama Ron ya. Biar seru gitu.hehe… Selain mereka, ada juga patung Valentino Rossi, Rain, Mr. Bean, Jackie Chan, Michael Jackson, David Beckam, Einsten, Brad Pit, Lionel Messi, Dalai Lama, Paus, Mother Teresa, Jack Sparrow, Christiano Ronaldo, Tom Hanks, Will Smith, Sahrukh Khan dan tokoh-tokoh dari film lainnya seperti The Lord The Rings.

Wow, serem juga ya

Tokoh Penting Keagamaan

Taylor Swift

Lady Gaga

Rain. Tapi Kok belakangnya begitu ya?

David Beckam Memang Oke. Oke buat dikarungin maksudnya.hehe…

Setelah puas berpose dengan patung-patung ini, kami keluar dari pintu exit dan turun menggunakan sebuah tangga. Lalu sampailah kami di dalam basement tempat kami ke toilet tadi. Oh, jadi tangga tadi menghubungkan ke De ARCA tho.haha…

My Review About De ARCA

Menurutku De ARCA itu keren banget lho. Meskipun nggak seperti Madame Tussauds yang sangat total dalam membuat patung lilin, De ARCA ini juga sudah mirip kok. Dari jauh sudah mendekati aslinya. Bedanya dengan Madame Tusasauds dari segi material patung dan bajunya. Tapi detailnya lumayan kok seperti urat patung yang terlihat. Bajunya ada yang terbuat dari kain contohnya Taylor Swift, ada juga yang ditempel langsung ke patungnya seperti Black Widow contohnya. Biasanya De ARCA mengganti pakaian patung secara berkala agar pengunjung nggak cepat bosan. Dan menariknya lagi, De ARCA ini sering banget ngadain promo seperti waktu Hari Kartini yang lalu, khusus wanita yang mengenakan kebaya bisa masuk secara free ditambah dengan fasilitas-fasilitas seru lainnya. Staf di De ARCA juga ramah, tanpa diminta mereka bakalan menawarkan diri untuk mengambilkan foto secara gratis.

Ketika kami ke De ARCA, mereka sedang mempersiapkan dua patung yang masih dalam tahap pembuatan yaitu Avatar dan Batman. Semoga De ARCA lebih berkembang lagi ke depannya dan menambah banyak koleksi patung tokoh-tokoh yang nggak dibuat di Madame Tussauds.

A Day Budget

Untuk ‘a day budget‘ kali ini akan kutuliskan di artikel selanjutnya ya. Karena setelah ini kami akan meluncur ke Taman Sari di hari yang sama.

More Detail

 

Advertisements

2 thoughts on “De ARCA, Madame Tussauds Versi Jogja

  1. Pingback: Menjadi Pengunjung Terakhir di Taman Sari | Summer Ballads

  2. Pingback: Day 1: Mencuri Waktu Untuk Liburan Sejenak | Summer Ballads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s