Few Review: Dawn Awaits

Few Review: Dawn Awaits

The Story

Dawn Awaits adalah komik dari LINE Webtoon Challange karya Thahara Teja. Mengisahkan tentang lika-liku kehidupan seorang anak bernama Danny Lee yang hanya diasuh oleh neneknya. Dia tinggal di salah satu rumah sederhana di kota Beijing. Sejak kecil Lee rajin membantu neneknya untuk mengantarkan pesanan dagangan makanan ke rumah-rumah. Inilah yang menjadikan Lee tak bersekolah.

Sampai akhirnya ia mengantarkan pesanan di rumah Tuan Zhao. Tuan Zhao menawarkan untuk menyekolahkan Lee. Awalnya Lee menolak dengan halus. Meskipun tidak disetujui, ia ‘memaksa’ Lee mau belajar di rumahnya kapanpun ia suka. Setelah hari itu, Lee belajar di rumah Tuan Zhao sepulangnya membantu sang nenek. Dan iapun mengikuti ujian kesetaraan untuk bisa bersekolah formal.

Setelah memasuki masa SMA, Lee mulai berpikir akan orang tuanya yang sesungguhnya. Neneknya tak pernah menyinggung tentang hal itu. Suatu hari, ketika ia mengantarkan pesanan di sebuah apartemen. Tiba-tiba, ia diserang dengan kasar oleh pria mabuk yang mengatakan bahwa ia mengenal ibu Lee. Sayang sebelum mengorek informasi lebih lanjut, pria tersebut sudah tewas di hari berikutnya. Banyak hal yang membuat penasaran di benak Lee, termasuk Nona Yue, putri dari Tuan Zhao.

The Character

Danny Lee

Danny Lee

Lee adalah seorang anak yang tumbuh besar diasuh oleh nenek Qing In. Ia tak tahu siapakah kedua orangtuanya. Sifatnya cuek dan tidak terlalu peduli jika itu memang bukan urusannya. Lee memiliki sifat yang biasa-biasa saja, tidak dingin dan tidak emosional. Lee sangat menghormati nenek Qin In yang telah membesarkannya dengan kasih sayang.

Sejak kecil belajar di rumah Tuan Zhao setelah ia selesai membantu sang nenek. Hingga ia bisa sekolah di sekolah formal. Namun, belakangan ada yang membuatnya terganggu ketika berada di rumah Tuan Zhao. Ia mulai tertarik dengan Nona Yue.

Nenek Qing In

Nenek Qing In

Nenek Qing In adalah nenek yang membesarkan Lee. Meskipun mempunyai kehidupan yang penuh liku, nenek Qing tetaplah tabah dan memiliki hati yang damai. Nenek Qing memiliki usaha kedai makanan di rumahnya.

Tuan Jijun Zhao

Tuan Zhao

Tuan Zhao adalah seorang mantan pengajar di Universiatas, iapun dulunya juga membuka praktik sebagai psikolog. Tuan Zhao ini hanya tinggal bersama dengan putrinya di rumahnya yang besar. Ia yang menyekolahkan dan membimbing Lee belajar. Kegiatannya banyak dihabiskan untuk membaca buku-buku tentang penanganan psikologis terhadap korban kekerasan, cara merawat penderita HIV/AIDS, cara menangani penderita kanker serviks serta daftar dokter ahli terapi kelumpuhan syaraf.

Nona Yue Zhao

Nona Yue

Nona Yue adalah anak dari Tuan Zhao yang berumur 27 tahun. Kakinya lumpuh karena suatu insiden sehingga ia harus menggunakan kursi roda. Nona Yue orangnya sedikit misterius. Seringnya meminta maaf padahal orang lain yang berbuat salah.

Sen

Sen

Sen adalah teman dekat Lee si sekolah. Anaknya blak-blakan, suka ngomong kasual tapi kebanyakan jorok. Sen memang teman Lee yang sedikit aneh.

The Review

Dawn Awaits Logo

Pertama kali memebaca Dawn Awaits, aku langsung jatuh hati sama artwork-nya. Berbeda dengan artwok di komik lain, Dawn Awaits memiliki ciri khas yang unik, seperti lukisan. Balon percakapannya transparan dan berwarna hitam. Setiap karakter mempunyai font yang berbeda-beda, sesuai sifat dari karakter tersebut. Satu lagi yang tak kalah unik, setiap judul episodenya merupakan rangkaian kata yang akan membentuk sebuah kalimat. Dimana kalimat itu adalah inti dari episode-episode tersebut. Untuk menciptakan tokoh-tokohnya, sang author teinspirasi dari dirinya sendiri, kakak angkatnya, ayahnya serta seorang anak kecil di tempat sang author yang selalu mengantar makanan dagangan neneknya.

Namun perlu diperhatikan, komik ini tidak diperuntukkan bagi yang belum cukup umur karena mengandung adegan dan percakapan yang kasar serta mengandung muatan dewasa. Setting yang dipakai berada di Beijing, Tiongkok jadi ada adegan yang mungkin terlalu kasar jika memang diterapkan di Indonesia. Dan kelemahan di Webtoon Challange karena belum resmi maka jadwal Up yang kadang tak pasti. Bisa rutin seminggu sekali atau sebulan sekali, bisa juga pindah-pindah hari. Tergantung kesibukan dan kondisi kesehatan sang author. Padahal pembaca sudah sangat penasaran dengan kelanjutan ceritanya. #SebenarnyaCurhat -__-; Tapi tidak masalah tetap support kok dan pembaca yang baik pasti mengerti.

Meskipun masih berada di Webtoon Challange. Komik Dawn Awaits ini keren dan tak kalah dengan Webtoon yang sudah official. Namun, sangat disayangkan webtoon ini tidak akan berlanjut karena sang author mengundurkan diri dari dunia perkomikan setelah mengklarifikasikan hal tersebut di media sosial pada tanggal 3 November 2017. Jadi, buat kalian yang nggak mau kena PHP mendingan nggak usah baca webtoon ini ya. Daripada udah terlanjur sayang tapi ditinggalin. #eh #kokjadibaper ;P

The Detail

  • Judul: Dawn Awaits
  • Author: Thahara Teja
  • Genre: Drama
  • Release: 29 Januari 2017 – stopped
  • Episode: On going
  • Publisher: LINE Webtoon Challenge (online)

The Gallery

Cuplikan komik Dawn Awaits di LINE Webtoon Challange

Cuplikan komik Dawn Awaits di LINE Webtoon Challange

Cuplikan komik Dawn Awaits di LINE Webtoon Challange

Cuplikan komik Dawn Awaits di LINE Webtoon Challange

Cuplikan komik Dawn Awaits di LINE Webtoon Challange

Cuplikan komik Dawn Awaits di LINE Webtoon Challange

Cuplikan komik Dawn Awaits di LINE Webtoon Challange

Cuplikan komik Dawn Awaits di LINE Webtoon Challange

Cuplikan komik Dawn Awaits di LINE Webtoon Challange

Cuplikan komik Dawn Awaits di LINE Webtoon Challange

Note: semua gambar diambil dari screenshot komik Dawn Awaits di LINE Webtoon Challange dan Facebook

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s