Day 3: 2 Jam 45 Menit

Day 3: 2 Jam 45 Menit

2 Jam 45 Menit

Rabu, 6 Juli 2017

A.M. 09:00

Keberangkatan Kereta Api Kalijaga dari Stasiun Poncol ke Stasiun Solo Balapan pada jam 9 pagi. Kami harus mempersiapkan diri sedari pagi. Hmm, sebenernya nggak pagi-pagi banget sih. Kami sempet membeli sarapan dan membawanya di dalam kamar. Setelah itu berulang kali mengecek loker siapa tahu ada yang tertinggal. Kami check out, eh lebih tepatnya berpamitan kepada Mbak Stafnya. Soalnya waktu kami check in nggak ninggalin kartu identitas dan deposit apa gitu. Etdah, udah kayak nginep di luar negeri aja. Kami keluar hostel sekitar jam setengah delapan. Hal berikutnya pasti udah pada tahu. Yup, kami nyari Go-car.

Kereta Api Kalijaga datang di Stasiun Poncol tepat waktu. Kabar baiknya, di dalam gerbongya nggak terlalu dingin. Perjalanan menuju Stasiun Purwosari sekitar kurang lebihnya 2 jam 45 menit. Meskipun pengennya tidur di kereta tapi kok rasanya sayang kalau nggak menikmati suasana di sepanjang jalan. Sangat menyenagkan dan bener-bener puas dengan perjalanan singkat ini.

Oh ya, yang mengganjal dari kemarin itu sebenernya cuma satu. Beli oleh-olehnya dimana sih? Pengen nyobain Lumpia juga. Kok perasaan di deket obyek wisata nggak ada yang jualan buah tangan. Alhasih, kami pulang dengan tangan hampa. Duh, bahasanya. -__-; Katanya tetanggaku yang dulu pernah tinggal di Semarang. Kalau mau beli oleh-oleh agak jauh. Ada pusatnya sendiri. Owalah, pantesan nggak ketemu.

Belum sampai stasiun tujuan, kereta sempet berhenti beberapa saat karena suatu hal. Dikira udah sampai jadinya penumpang udah pada berdiri dan jalan menuju pintu keluar. Aku senidiri heran sih, ini pasti belum sampai stasiun. Masa’ berhenti di samping selokan. Ya nggak mungkin banget. Tapi perjalanan tetap lancar kok. Ternyata kami itu satu rombongan sama suporter sepakbola dari Semarang yang mendukung timnya bertanding di Stadion Manahan. Banyak banget, rame banget dan kebanyakan anak-anak ABG.

Btw, stasiun Solo Balapan sekarang keren ya. Udah punya Sky Briedge yang menghubungkan antara Stasiun Solo Balapan dengan Terminal Tirtonadi. Fasilitasnya lengkap, tempatnya bersih dan nggak kalah sama bandara. Dan yang paling menarik adalah tulisan Solo Balapan yang terpampang di depan stasiun. Tulisan yang terbuat dari daun-daun warna hijau dan merah ini cukup menarik warga pemburu foto. Biasalah biar eksis gitu lho.hehe…

Stasiun Solo Balapan

3 Days Itinerary

Aku membuat itinerary sederhana untuk perjalanan ke Semarang selama tiga hari. Sebelum berangkat, aku mencari obyek wisata yang sekiranya menarik. Kemudian aku bikin list ke dalam buku catatan. Setelah itu, aku mengelompokkan kira-kira tempat yang arahnya sama dengan bantuan google map. Tak lupa aku perhatikan juga jarak tempuhnya. Ada satu obyek cantik yang sebenernya pengen kukunjungi tapi jaraknya jauh. Pada akhirnya kena elimimasi. Tempat itu adalah Pagoda Buddhagaya Watugong. Oh iya, selain itu aku sengaja menghindari pantai. Begitulah caraku menyusun itinerary. Sederhana bukan?

Selasa, 4 Juli 2017

• 05.30 – 07.30 – Persiapan, sarapan, check out hostel
  • 09.00 – 12.00 – Perjalanan dari Stasiun Poncol Stasiun Solo Balapan

3 Days Budget

Day 1

• Total Pengeluaran Hari Pertama: Rp 141,900

Day 2

• Total Pengeluaran Hari Kedua: Rp 136,700

Day 3

• Sarapan: Rp 7,900
  • Go-car Hostel → Staiun Poncol: Rp 3,000 (sudah dibagi 5)
  • Uber Stasiun Solo Balapan → Rumah: Rp 3,400 (sudah dibagi 5)