Demi Takoyaki

Demi Takoyaki

Takoyaki

Para pecinta kuliner Jepang pasti nggak asing dengan Takoyaki (たこ焼き). Makanan yang berasal dari Kansai ini, terbuat dari tepung terigu dan berbentuk bulat berdiameter 3 hingga 5 cm. Isinya sih macam-macam. Ada yang beneran tako atau gurita, ada juga salmon, keju dan variasi lainnya. Takoyaki dibuat di atas wajan khusus sehingga bisa berbentuk seperti itu. Bentuknya cekung setengah bulat. Dengan bantuan sumpit adonan bisa dibolak-balik membentuk seperti bola. Topping di atasnya berupa ikan serut, saus Takoyaki, mayonise dan saus buat pelengkap. Nikmatnya~

Ngomong-ngomong tentang Takoyaki, aku demen banget sama makanan yang satu ini. Rasanya ketagihan. Salah satu makanan Jepang yang favorit, selain Ramen dan Okonomiyaki. Mungkin karena rasanya cocok di lidah orang Indonesia ya.

Di Solo sendiri sudah banyak betebaran penjual Takoyaki. Ada yang pakai warung hingga yang punya stand sederhana di Car Free Day. Harganya rata-rata 10.000-an gitu. Itu yang biasa, ada yang luar biasa lho. Harganga 30.000-an soalnya pakai baby octopus. Jadi bayi guritanya nongkrong gitu di atas Takoyaki. Untung nggak nangis sambil minta balon.hehe…

Baby Octopus Takoyaki (by scontent.cdninstagram.com/)

Ibuku pernah kredit wajan Takoyaki sewaktu arisan. Maklum ibu-ibulah ya. Buat nyobain bikin Takoyaki gitu maksudnya. Tapi begitu dicoba bukannya bikin Takoyaki malah kita malah bikin bola-bola mie. Bahannya juga agak mahal. Berat diongkos. ;P Daripada repot mending beli sekalian. Milih yang praktis. Lalu wajan Takoyakinya? Masih ada tuh di kardus, buat bikin bola-bola mie.hehe.. #tetep ya

Saking senengnya sama si Takoyaki, aku jadi sering pergi ke J-Fest (acara budaya Jepang) demi membelinya. Membeli Takoyaki adalah prioritas dan tujuan utamaku pergi ke event tersebut. Nggak peduli siapa guest star-nya siapa, lombanya apa, cosplay-nya gimana. Yang penting begitu masuk langsung ngeloyor ke stand Takoyaki. Dibela-belain beli HTM demi beli itu. Sebenernya bisa beli di warung atau resto tapi rasanya lebih enak makan Takoyaki dengan suasana Jepang juga. Agak lebay memang -__-

Yah, begitulah~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s