5 Webtoon Lokal yang Go International. Kelimanya Telah Dirilis di LINE Webtoon Luar Negeri.

5 Webtoon Lokal yang Go International. Kelimanya Telah Dirilis di LINE Webtoon Luar Negeri.

Adimas dan Adelia

Kamu pasti sudah tidak asing dengan layanan komik online yang satu ini. Berbasis di Korea Selatan dan menjadi layanan komik gratis nomor satu di Indonesia. LINE Webtoon menghadirkan webtoon-webtoon menarik setiap harinya dan bisa dibaca secara gratis. Tak hanya didominasi webtoon dari luar negeri, sekarang banyak sekali webtoon karya anak bangsa yang sudah berani unjuk gigi.

Apalagi di LINE sendiri mepunyai fitur Webtoon Challenge yang mewadahi komikus yang mau menampilkan karyanya secara gratis untuk dibaca banyak orang. Bahkan setiap bulannya akan terpilih 3 Rising Star dengan hadiah 5 juta rupiah. Tak sampai di situ saja, beberapa di antaranya sudah menjadi webtoon official. Cerita yang menarik dan gambar yang mumpuni adalah perpaduan yang pas untuk dinikmati. Bahkan sekarang webtoon lokal sudah tembus di LINE Webtoon luar negeri lho. Penasaran siapa saja mereka? Ini dia~

Terlalu Tampan

Terlalu Tampan

Terlalu Tampan: Diary Orang Ganteng adalah webtoon bergenre komedi yang merupakan karya dua author yaitu Mas Okis (story) dan S.M.S (art). Webtoon ini menceritakan satu keluarga yang lain daripada yang lain. Keluarga ini terdiri dari ayah, ibu dan dua anak laki-laki bernama Kulin dan Okis. Mereka memiliki paras yang sangat tampan. Bahkan gen tampan mereka menurun dari sang ibu yang juga tampan. Saking tampannya cewek-cewek selalu sukses dibuatnya mimisan. Sang ayah yang sudah tampan dari lahir memanfaatkan ketampanannya untuk mengoleksi mantan. Tercatat 1.200 mantan yang ia punya sebelum taubat dan menikah. Dan sepertinya hal tersebut menurun ke Okis yang terobsesi mengalahkan sang ayah.

Nama dari merekapun tak kalah luar biasa. Sang ayah bernama Archewe Johnson (Pak Archewe), ibunya bernama Jer Basuki Mawa Bea dan sering dipanggil Bu Suk, anak pertamanya bernama Witing Tresno Jalaran Saka Kulino dan nama panggilannya Mas Kulin serta anak keduanya bernama Okisena Helvin dan sering dipanggil Mas Okis. Bukan itu saja, ternyata Kulin dan Okis memiliki nenek dan kakek gaul bernama Mbah Nol dan Mbah Lapan. Mbah Enol memiliki nama panjang Edward Stephanol yang hobinya selfie dan tebar pesona. Lain halnya dengan Mbah Lapan, nenek yang satu ini hobi mengasah adrenalin di usia senjanya seperti panjat tebing dan balap motor. Dan masih banyak lagi hal-hal mencengangkan di komik ini.

Terlalu Tampan ternyata sudah terbit di Webtoon Jepang dan Thailand. Kalau di Jepang sendiri judulnya diterjemahkan menjadi Ikemen Sugite ~Ayameru Otoko no Nichijirou~. Nama tokohnyapun menjadi Otokomae Aren (Kulin), Otokomae Eren (Okis) Otokomae Katsue (Bu Suk) dan Otokomae Renma (Pak Archewe). Pada tahun 2017, Terlalu Tampan dirilis dalam bentuk cetak oleh Penerbit Bukune.

Terlalu Tampan Versi Bahasa Jepang

Terlalu Tampan Versi Bahasa Jepang

Terlalu Tampan Versi Bahasa Thailand

Terlalu Tampan Versi Bahasa Thailand

Sweet EscapE

Sweet EscapE

Sesuai dengan judulnya, Sweet EscapE menceritakan tentang pelarian yang berujung manis. Seorang gadis bernama Nana memenangkan tiket ke Venesia, Italia. Ia sangat bahagia karena akan menonton konser boyband kesukaannya, JI:NX yang sedang melakukan tour dunia. Di hari pertamanya di Venesia, ia pergi mengunjungi Rialto Bridge. Di saat yang sama, Jun, salah seorang anggota boyband JI:NX malah menghilang sehingga konser nyaris dibatalkan.

Sang manajer menemukanya di sebuah hotel, namun Jun berhasil melarikan diri dengan melompat dari jendela hotel. Kejar-kejaranpun tak dapat dihindari. Ia berlari ke Rialto Bridge dan karena tak melihat di depannya ada Nana yang sedang berdiri. Tak pelak merekapun bertabrakan hingga terjatuh. Beruntung badan Kei tak menindih Nana. Tapi kamera Nana rusak dan lengannya terluka. Tanpa basa basi, Jun menyeret Nana yang masih terpana dengan siapa ia bertabrakan.

Setelah mereka berhasil melarikan diri di tempat yang aman, Jun bermaksud untuk mengganti kamera Nana yang rusak. Namun, ia tak bisa berbuat apa-apa. Uang dan dompetnya terjatuh saat mereka bertabrakan tadi. Nana kemudian sadar bahwa yang bertabrakan dengannya adalah sang idola. Ia mengambil foto dengan ponselnya. Dan tentu saja hal tersebut ditolak Jun. Jun awalnya curiga bahwa Nana itu fans yang membuntutinya sampai ke Venesia karena Nana terlihat mengenakan gelang dan handuk marchendise limited edition JI:NX. Tapi karena kepepet, mau tak mau ia harus meminta bantuan Nana. Termasuk meminjam kartu kredit dan menumpang di kamar hotelnya. Sudah kebayang kan bahagaianya Nana.

Sweet EscapE merupakan webtoon karya kiyoshin_. Cerita yang ringan dan bertema romance ternyata sangat disukai. Bahkan Sweet EscapE ini sudah rilis di LINE webtoon Jepang, Taiwan dan Thailand. Tak hanya berbentuk digital, komik ini diterbitkan dalam bentuk buku oleh Penerbit Haru.

Sweet EscapE Versi Bahasa Mandarin

Sweet EscapE Versi Bahasa Mandarin

Sweet EscapE Versi Bahasa Thailand

Sweet EscapE Versi Bahasa Thailand

Sweet EscapE Versi Bahasa Jepang

Sweet EscapE Versi Bahasa Jepang

KOSAN95!

KOSAN95!

Siapa yang ngaku anak kos pasti suka dengan webtoon yang satu ini. KOSAN95! mengisahkan seputar kehidupan Rena, gadis berusia 19 tahun yang harus pindah di sebuah kos luar biasa bernama KOSAN95! Awalnya ia adalah seorang SPG di salah satu toko, tapi entah mengapa bosnya memecatnya via telepon. Padahal ia tidak merasa melakukan hal yang salah, ia justru membuat bosnya mengacungkan jempol atas hasil kerjanya. Kesedihannya bertambah karena ia sudah menunggak bayar kos selama 3 bulan. Kalau tidak mampu membayar bulan ini, ia akan segera diusir.

Di dalam kekalutannya, tiba-tiba Rena mendapat kiriman amplop kuning berisi kartu debit ATM sekaligus PIN-nya. Tidak ada keterangan di amplop itu. Ia mencoba mengecekknya di ATM. Betapa terkejutnya ia, isi uang di kartu tersebut 50 juta. Meskipun ia bisa saja menggunakan uang tersebut tapi Rena memilih untuk melaporkannya ke kantor polisi. Di kantor polisi inilah Rena mendapat telepon dari orang tak dikenalnya. Orang tersebut bekerja sama dengan kepolisian untuk memberitahu Rena bahwa ia berhak menerima kartu debit tersebut. Dan ternyata keterangan di amplop tersebut bisa dibaca dengan cara menggosokkan koin. Rena terlilih untuk pindah di KOSAN95!

KOSAN95! cukup populer sehingga telah dirilis di webtoon Thailand dan Taiwan. Webtoon karya Didi Walker ini sudah mencapai Season 2.

KOSAN95! Versi Bahasa Mandarin

KOSAN95! Versi Bahasa Mandarin

KOSAN95! Versi Bahasa Thailand

KOSAN95! Versi Bahasa Thailand

Eggnoid

Eggnoid

Bagi pembaca webtoon Indonesia pasti tidak asing dengan Eggnoid. Karena Eggnoid ini cukup populer dan memiliki episode yang cukup panjang. Hingga artikel ini ditulis, Eggnoid sudah sampai Season 3. Ceritanya yang lain daripada yang lain menjadikannya satu-satunya webtoon Indonesia yang rilis di versi bahasa Inggrisnya. Selain terbit di Amerika, webtoon karya Archie The Red Cat ini juga terbit di LINE Webtoon Taiwan dan Thailand.

Ran hidup seorang diri di rumahnya yang besar. Ayah dan ibunya meninggal karena kecelakaan ketika ia masih duduk di bangku sekolah. Hanya ialah yang selamat dari kecelakaan itu. Selama ini, Olfie, tetangga sekaligus teman masa kecil Ran yang senantiasa menemani dan menguatkan Ran. Namun, belakangan Olfie terlihat menjauhi Ran semenjak ia jadian dengan Grace.

Di dalam kesedihan tersebut, Ran justru menemukan sebuah telur besar di kamarnya. Saat telur itu menetas (baca: terbuka) keluarlah seorang cowok tampan tanpa busana. Merasa kalau ia bermimpi, Ran tidur kembali. Keesokan paginya, cowok itu masih tetap berada di kamarnya bahkan cowok itu tidur di sampingnya! Antara kaget dan ketakutan, Ran ingin segera memanggil polisi. Namun, tanpa sengaja tangannya menyentuh telur tersebut. Karena sentuhan itulah telurnya mengeluarkan penjelasan apa yang sedang terjadi. Ternyata, Ran ditunjuk sebagai orang tua asuh Eggnoid agar ia tak kesepian. Eggnoid sama seperti bayi manusia pada umumnya. Meskipun tubuhnya seperti remaja tapi kelakuannya seperti balita. Ia tak tahu cara mengenakan pakaian dengan benar dan bahkan memanggil Ran dengan panggilan Mama. Meskipun sedikit berat dan hampir membuat Ran jantungan (dan mimisan) Ran harus menerima Eggnoid tersebut tinggal bersamanya. Dan ia memberi nama Eggonid tersebut dengan nama Eggy.

Eggnoid Versi Bahasa Inggris

Eggnoid Versi Bahasa Inggris

Eggnoid Versi Bahasa Mandarin

Eggnoid Versi Bahasa Mandarin

Eggnoid Versi Bahasa Thailand

Eggnoid Versi Bahasa Thailand

My Pre-Wedding

Pasutri Gaje

Tidak dapat dipungkiri, webtoon karya Annisa Nisfihani banyak digemari dan selalu dinanti. Cerita yang sederhana tapi mampu membuatnya menarik. My Pre-Wedding sudah digemari jauh sebelum tampil di LINE Webtoon. Awalnya, komik ini hanyalah coretan iseng Annisa yang ia upload di facebook pribadinya. Menceritakan sepasang suami istri bernama Mas dan Adek. Cerita tersebut merupakan cikal bakal dari Pasutri Gaje. Pada tahun 2015, Annisa memenangkan LINE Creative Day dengan webtoon-nya yang berjudul My Pre-Wedding plot sebelum Mas dan Adek menikah.

Selain sukses di Indonesia, My Pre-Wedding juga dirilis resmi di Webtoon Thailand, Jepang dan Taiwan. Di antara ke tiga negara tersebut Thailand-lah yang paling dulu merilisnya. Di Thailand, My Pre-Wedding menjadi 3 Season karena langsung dilanjutkan dengan seri Pasutri Gaje.

My Pre-Wedding menceritakan kisah cinta antara Adelia dan Adimas. Adimas merupakan PNS tampan yang bekerja sebagai sekretaris di kelurahan. Ia tiba-tiba melamar Adelia di kantor kecamatan pada saat jam kerja. Adelia yang hanya mengenalnya sekilas karena Adimas adalah sekretaris baru. Sontak ia kaget dan salah tingkah. Adimas juga mengatakan akan melamarnya akhir pekan ini. Adelia semakin bingung.

My Pre-Wedding Versi Bahasa Jepang

My Pre-Wedding Versi Bahasa Jepang

My Pre-Wedding Versi Bahasa Mandarin

My Pre-Wedding Versi Bahasa Mandarin

My Pre-Wedding Versi Bahasa Thailand

My Pre-Wedding Versi Bahasa Thailand

Di webtoon sendiri memiliki feature yang memungkinkan pembaca untuk menerjemahkan webtoon kesayangan mereka ke dalam berbagai bahasa. Dari kelima webtoon di atas Eggnoid tercatat sudah diterjemahkan ke dalam 18 bahasa, disusul My Pre-Wedding dengan 15 bahasa, dan Pasutri Gaje dengan 8 Bahasa. Jadi meskipun belum dirilis resmi di LINE webtoon luar negeri, pembaca internasional sudah bisa menikmatinya.

Note: Semua gambar diambil dari Screenshoot LINE Webtoon

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s