Few Review: Matahari 1/2 Lingkar

Few Review: Matahari 1/2 Lingkar

Matahari 1/2 Lingkar (by http://www.instagram.com/linewebtoon.id/)

“Hai matahari… Bisakah kamu pergi sejauh-jauhnya dari hidupku?”

The Story

Kata orang masa paling indah adalah masa sekolah terutama masa SMA. Di usia tersebut biasanya remaja sudah dianggap dewasa untuk memilih sesuatu yang mereka suka. Selain itu, masa tersebut biasanya mereka lagi asyik-asyiknya naksir seseorang, punya gebetan, punya pacar dan teman-teman yang seru buat diajak nongkrong. Bahkan saking berkesannya ada juga lho yang susah bisa move on hingga lebih dari 10 tahun. Seperti kisah Kay dalam webtoon terbitan LINE berjudul Matahari 1/2 Lingkar atau yang sering disebut dengan MSL.

Tahun 2004

Kay adalah seorang cewek biasa yang duduk di bangku kelas XI. Ia memiliki dua orang sahabat bernama Joy dan Shei. Hidupnya biasa saja karena ia tidak pernah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Suatu hari, di saat istirahat kedua, Kay duduk sendirian di bangkunya. Tiba-tiba ada seorang cowok yang datang menghampirinya. Ia memperkenalkan dirinya sebagai Arka. Ia tertarik dengan coretan gambar di kertas yang dibuat oleh Kay. Melihat senyumnya yang begitu manis, Kay rupanya jatuh hati dengan si Arka. Kay mulai diam-diam memperhatikannya.

Merekapun semakin dekat saat sekolah mereka akan mengadakan Pensi. Arka menawarkan diri untuk menjadi seksi dekorasi lalu ia mengikutsertakan Kay juga karena ia menganggap Kay jago menggambar. Tentu, Kay sangat bahagia bisa lebih dekat dengan Arka.

Namun kebahagiaan tak selamanya berpihak pada Kay. Sahabatnya Shei mengatakan padanya bahwa ia menyukai Arka dan ia akan memberinya surat. Mengetahui hal itu, Kay tak ingin membuat Shei sakit hati. Kay mencoba menjauhi Arka. Bahkan ketika Arka menyatakan perasaannya pada Kay, ia langsung meninggalkan Arka. Tanpa jawaban.

Kay merupakan orang yang bisa dengan mudah cerita ke orang lain bahkan dengan sahabatnya sendiri. Shei dan Joy mulai curiga dengan kelakuan Kay yang aneh. Mereka mendesaknya untuk bercerita. Shei sangat menyesal, ia tidak mengetahui bahwa Kay juga menyukai Arka. Maka dari itu, Shei kemudian menghampiri Arka dan meminta untuk menemui Kay. Di luar dugaan, Arka mengatakan hal yang membuat Shei sakit hati. Seminggu setelahnya, Kay jadian dengan Karin adik kelasnya dan tersenyum puas di depan Kay.

Tahun 2016

Lebih dari 10 tahun berlalu. Kay ternyata belum bisa melupakan Arka. Bahkan ia tidak pernah menemuinya. Bahkan di saat reuni SMA-nya, ia masih saja mencari Arka. Padahal Joy melarang Arka menemui Kay karena ia menganggap Arka telah menyakiti Kay. Akankah mereka bisa bertemu kembali?

Hubungan Unik Antara Joy dan Arka

Silsilah Keluarga

Ada yang menarik dari Joy dan Arka. Arka sering memanggil Joy dengan panggilan Tante. Awalnya Kay dan Shei mengira panggilan tersebut hanyalah candaan. Tapi nyatanya Arka memang keponakan dari Joy. Bisa dilihat dari gambar tabel di atas. Kakek Joy memiliki dua istri. Istri pertama adalah nenek buyut Arka. Sedangkan istri keduanya merupakan nenek Joy. Meskipun menjadi tantenya Arka, faktanya Joy memiliki umur setahun lebih muda.

The Characters

Kay / Kayra / Kayra Azzahra Putri

Kay

Kay sebenarnya cewek introvert. Ia tak bisa dengan mudah menceritakan perasaannya kepada siapapun. Bahkan ia jarang sekali tersenyum padahal ia mempunyai senyum yang sangat manis. Tak heran cowok-cowok di kantornya banyak yang naksir termasuk Indra yang terang-terangan bilang kalau ia menyukai Kay. Namun Kay tidak bisa menerima cinta dari cowok-cowok di kantornya. Hatinya masih terpaut dengan Arka. Ia masih belum bisa melupakan Arka. Ia pernah mencoba melupakannya dengan cara menjalin hubungan semasa kuliah tapi tak lebih dari 2 bulan kisah cintanya harus berakhir.

Kay memiliki adik bernama Aqila. Dan ia sekarang tinggal di apartemen bersama Joy. Kay ini jago dan hobi menggambar. Ia pernah diberi saran oleh Arka agar mengikuti kompetisi membuat komik. Namun, setelah ia menjauh dari Arka, ia pun mengubur impiannya dalam-dalam.

Arka / Arka Elramdan

Arka

Arka berarti matahari. Bagi Kay, Arka adalah mataharinya. Senyumnya manis dan menarik hati Kay setelah pertemuan pertama mereka. Arka lah yang mengajak Kay untuk ikut ambil bagian dalam event Pensi di sekolahnya. Sejak saat itu mereka jadi semakin dekat. Arka sebenarnya sangat menyukai Kay. Ia pernah menembaknya sekali. Sayang, ia mendapat dua surat cinta secara bersamaan. Satu dari Joy dan satunya lagi dari Karin. Setelah mengetahui apa yang terjadi, Arka tampak kesal dan memutuskan untuk menjadi pacar Karin.

Arka ini adalah keponakan dari Joy. Ibunya Arka merupakan kakak tiri Joy karena kakeknya menikah lagi. Arka sering memanggil Joy dengan panggilan tante.

Sahabat Kay

Shei & Joy

Joy / Jiya / Jiya Soraya

Joy merupakan sahabat dari Kay. Sifatnya galak dan ceplas-ceplos. Mendapat julukan Tante Godzila oleh Arka. Sedari kecil, ia dan Arka tumbuh bersama karena rumahnya yang berdekatan. Ia paling aware jika ada cowok yang ingin mendekati Kay termasuk sang keponakan, Arka. Setelah mengetahui Arka menyakiti Kay, Joy bertengkar hebat dengan Arka. Ia bahkan melarang Arka menemui Kay.

Joy sekarang bekerja sebagai manajer dan tinggal di apartemen bersama Kay. Hobinya makan. Jika sudah menyangkut makanan, ia akan melupakan segalanya termasuk cowok yang diam-diam terpesona padanya.

Shei / Sheila Puteri Hadinata

Berbeda dengan Joy, Shei adalah sahabat Kay yang sifatnya lembut dan feminim. Ia sekarang sudah berkeluarga dan memiliki anak bernama Abi. Ia menikah dengan Fahmi, teman satu sekolahnya. Shei sangat menyesal pernah memeberikan surat cinta kepada Arka. Ia tidak menyangka akhirnya bakal menyakitkan bagi Kay. Demi menebus kesalahnnya, Shei berusaha mempernenalkan teman-teman cowoknya kepada Kay. Terhitung sudah ada 6 cowok yang sudah berkenalan tapi selalu gagal. Cowok ke-7 yang dikenalkannya adalah Aydan.

Ben / Bentara Adhi Hutomo

Ben

Ben merupakan senior Kay di kantor. Ia tinggal di apartemen yang sama namun di lantai yang berbeda. Tak heran ia sangat dekat dengan Kay. Bahkan bisa dibilang seperti sosok kakak bagi Kay. Sifatnya yang lembut, humoris dan pengertian membuat Kay nyaman. Ben tak segan-segan menegur cowok-cowok di kantornya kalau sudah keterlaluan modusnya kepada Kay. Padahal Ben sudah memiliki pacar bernama Cita. Cewek yang merupakan kakak kelas Kay ini, dulunya sangat populer hingga di juluki ‘cekiber’ alias cewek kita bersama. Sayangnya, Cita sangat posesif dan cemburuan.

Ben tinggal bersama adiknya, Satria. Sedangkan ayah dan ibunya di kampung. Ia sengaja tinggal bersama Satria yang sedang beekuliah di Jakarta.

Aydan

Aydan & Shei

Aydan adalah seorang asisten chef di sebuah cafe milik temannya. Shei mengenalkannya pada Kay. Ketika Kay mengajak Joy untuk menemani ke cafe, Aydan justru terpsona dengan Joy.

The Review

Matahari Setengah Lingkar (Logo)

Matahari 1/2 Lingkar merupakan webtoon karya Chairunnisa Puspasari. Sebelum menjadi resmi, webtoon ini sudah berada beberapa saat di Webtoon Challange. Pada Mei tahun 2017, Matahari 1/2 Lingkar menjadi salah satu pengisi di Webtoon Ramadhan 2017. Hanya berselang empat bulan, webtoon ini menjadi official. Selain menggarap webtoon ini, author-nya mengerjakan art untuk webtoon Momiji sejak bulan Juli 2017. Momiji sendiri adalah novel yang ditulis oleh Orizuka terbitan Inari. Momiji bisa dibaca di Webtoon Challange. Sebelumnya, Chairunnisa juga mengerjakan art untuk komik cetak pertamanya pada tahun 2010. Ia bekerjasama dengan temannya, Adrianne dalam komiknya berjudul Chrysanthemum.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan kata “matahari” mengacu pada Arka yang memiliki arti sama. Bagi Kay, Arka mataharinya yang menyinari hari-harinya semasa di sekolah. Tapi akankah matahari terus tersenyum kepadanya? Matahari 1/2 Lingkar yang bergenre romatis memiliki kisah yang biasa ditemui sehari-hari. Tentang perasaan galau, memendam rasa dan persahabatan. Kay di sini digambarkan memiliki sifat introvert yang tidak bisa melupakan Arka hingga lebih dari 10 tahun. Memang, dalam hal percintaan orang-orang introvert merupakan pribadi yang setia sehingga susah sekali pindah ke lain hati. Jika mereka mampu, mereka akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding dengan orang-orang ekstrovert. Dan biasanya orang introvert tidak mudah cerita dengan orang lain, sama seperti Kay. Kisah Kay dan Arka ini sukses membuat pembaca baper dan ikut mengalir di dalam cerita. Poin plus dari Matahari 1/2 Lingkar ini adalah ceritanya yang terlihat realistik dan tidak dibuat-buat di setiap detailnya. Gambarnya dan pewarnaannya yang sedehana membuat ceritanya semakin tersampaikan. Karena setting waktunya pada tahun 2004, 2016 dan 2017 maka alurnya jadi maju mundur. Tapi tidak usah bingung, biasanya part flashback pewarnaannya sedikit berbeda.

Tidak banyak yang bisa digali karena author-nya jarang memberikan omake atau infomasi-informasi tambahan. Tapi kamu bisa cek di Instagramnya @kunciberlari untuk mengetahui update-an terbaru. Bagi kamu yang menyukai genre romantis, Matahari 1/2 Lingkar bisa menambah bacaanmu di hari Kamis.

The Quotes

  • “Lo boleh kok sekali-kali marah. Dan kadang mementingkan diri sendiri itu penting loh, Kay.” (Ben)
  • “Ada yang bilang cinta itu tidak membuatmu sakit. Ada pula yang hilang sebaliknya.” (Kay)
  • “Ada yang bilang bahagia itu sederhana. Karena cuma kita yang bisa menentukan kebahagiaan itu. Bukan orang lain.” (Shei)
  • Please, Kay. Ini demi kebaikan lo sendiri. Karena lo berhak bahagia.” (Joy)
  • “Setelah hujan sebesar apapun, matahari pasti akan kembali bersinar terang.” (Ben)

The Detail

  • Judul: Matahari 1/2 Lingkar
  • Author: Chairunnisa Puspasari
  • Genre: Romance
  • Release: 13 September 2017 – 11 April 2018 (Season 1) & 16 Mei 2018 – Ongoing (Season 2)
  • Episode: 30 (Season 1) & Ongoing (Season 2)
  • Terbit: setiap Kamis
  • Publisher: LINE Webtoon (online)

The Gallery

Cuplikan komik Matahari 1/2 Lingkar di LINE Webtoon

Cuplikan komik Matahari 1/2 Lingkar di LINE Webtoon

Cuplikan komik Matahari 1/2 Lingkar di LINE Webtoon

Cuplikan komik Matahari 1/2 Lingkar di LINE Webtoon

Cuplikan komik Matahari 1/2 Lingkar di LINE Webtoon

Cuplikan komik Matahari 1/2 Lingkar di LINE Webtoon

Cuplikan komik Matahari 1/2 Lingkar di LINE Webtoon

Cuplikan komik Matahari 1/2 Lingkar di LINE Webtoon

Cuplikan komik Matahari 1/2 Lingkar di LINE Webtoon

Cuplikan komik Matahari 1/2 Lingkar di LINE Webtoon

Cuplikan komik Matahari 1/2 Lingkar di LINE Webtoon

The Social Networks

Instagram:

Note: semua gambar diambil dari screenshoot komik Matahari 1/2 Lingkar di LINE Webtoon

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s