Menang Giveaway Tidaklah Sesulit yang Dikira, Asal Kamu Tahu Triknya

Menang Giveaway Tidaklah Sesulit yang Dikira, Asal Kamu Tahu Triknya

Mendapat giveaway (by http://www.pinterest.com)

Siapa sih yang tidak senang mendapat hadiah? Entah itu doorprize atau giveaway. Gratisan lagi. Memangnya ada ya hadiah yang tidak gratis? Jawabannya ada. Sebagian penyelenggara diwajibkan untuk membayar pajak, atau ongkos kirim. Tapi kebanyakan tidak dipungut biaya sih.

Mungkin sebagian di antara kamu berpikir bahwa mendapatkan hadiah hanya untuk orang yang benar-benar beruntung. Keberuntungan memang salah satu faktor dari kemenangan tapi kita wajib berdoa dan berusaha kan? Bahkan kalau kita bersungguh-sungguh, kita bisa lho dapat giveaway melebihi apa yang kita pikirkan. Contohnya saja adikku, Bety. Dia mulai tekun mengikuti setiap giveaway yang ada di internet sejak 2015. Kebanyakan dia mendapat giveaway buku. Ada sekitar 40-an buku, 1 buah majalah dari Jepang, booklet, phamflet, terarium, makanan dan shop photo idol dari Jepang, voucher makan, voucher 250 ribu yang dia terima senilai hampir 3 juta rupiah dan pastinya akan bertambah lagi. Penasaran apa rahasianya? Kamu bisa melakukan hal berikut ini.

Sebelum Mengikuti, Budayakan Membaca Persyaratan Dengan Teliti.

Budayakan baca terlebih dahulu (by http://www.girls-snap.tumblr.com)

Setiap penyelenggara giveaway pasti memiliki syarat yang berbeda-beda. Kamu wajib membacanya secara seksama. Satu syarat tidak dipenuhi pasti kamu akan didiskualifikasi meskipun kamu menang menjadi juara utama. Jangan bertanya di kolom komentar dengan pertanyaan yang sudah tertera di dalam persyaratan. Selain membuat sang penyelenggara kesal, kamu jadi terkesan kurang smart.

Biasanya penyelenggara giveaway, mengadakan giveaway untuk merayakan anniversary, peluncuran produk baru, pencapaian sekian follower atau memang pure ingin mengenalkan diri mereka. Persyaratan yang sering ada dalam suatu giveaway biasanya: memberikan like postingan, follow akun media sosial, me-repost foto, membagikan kiriman atau artikel, memberikan komentar, me-mention sejumlah teman, menjawab pertanyaan, menyelesaikan kuis berupa gambar dan lain sebagainya. Kalau itu harus kamu lakukan, follow semua media sosial yang disyaratkan. Tapi ingat akunmu jangan di-private. Jangan sampai terlewat satu syarat pun. Jika kamu memang tidak keberatan dengan persyaratan yang ada langsung penuhi saat itu juga. Kalau ditunda biasanya mudah terlupa. Jika satu syarat ada keterangan ‘optional’ tetap penuhi syarat tersebut, biasanya itu menjadi nilai tambah.

Misalnya tidak cocok, kamu bisa skip. Oh iya, ada beberapa penyelenggara juga mendiskualifikasi peserta yang unfollow akun setelah giveaway selesai. Jadi pastikan akun penyelenggara tetap di-follow, siapa tahu mereka mengadakan giveaway lagi.

Jika Harus Menjawab Pertanyaan, Usahakan Memberikan Jawaban yang di Luar Kebiasaan.

Think ofout the box (by dribbble.com)

Penyelenggara giveaway ada yang memberikan pertanyaan seputar produk atau perusahaan mereka. Contohnya penerbit Haru sedang mengadakan giveaway untuk bukunya Holy Mother karya Akiyoshi Rikako. Jadi pertanyaannya masih berhubungan dengan isi buku seperti ini, “jika kamu mengalami depresi apa yang akan kamu lakukan?” Nah, usahakan jangan asal jawab langsung dikirim. Kamu harus memberikan jawaban yang unik, yang out of the box supaya bisa menang.

Perhatikan Cara Mereka Menentukan Pemenang, Random Atau Dipilih Jawaban Terbaik.

Bola undian (by http://www.7wdata.be)

Ada dua cara menentukan pemenang. Yang pertama dipilih jawaban terbaik. Dan yang kedua dipilih secara acak. Penyelenggara biasanya menggunakan randomizer software, random.org atau diacak secara manual menggunakan kertas. Kalau pemenang ditentukan dengan cara diacak, kamu bisa menjawab sesuka hati tapi yang penting tidak menyimpang dari pertanyaan. Dan lagi usahakan jangan terlalu cepat mengirim jawaban. Biasanya yang menang urutan di tengah-tengah. Jika pemenang ditentukan dengan cara memilih jawaban terbaik, lakukan seperti poin sebelumnya, jawablah dengan jawaban yang berbeda dari biasanya. Keluarkan kreatifitasmu!

Mengecek Pengumuman, Jangan Sampai Terlewat dari Deadline.

Catat tanggal pengumuman (by http://www.12font.tumblr.com)

Membaca persyaratan dengan teliti sudah, memenuhi persyaratan sudah, menjawab dengan unik sudah. Yang terakhir tinggal menunggu pengumuman pemenang. Agar tidak ketinggalan deadline-nya kapan, kamu bisa catat di kertas atau buku notes. Perhatikan juga kapan dan dimana pengumuman pemenang akan diumumkan. Bisa lewat blog atau media sosial. Bisa lewat postingan biasa atau insta story. Kamu harus cek di hari pengumuman. Jika di waktu yang ditentukan belum diumumkan, kamu bisa kirim message ke penyelenggaranya. Ada juga penyelenggara yang tidak me-mention atau men-DM pemenang. Jadi pastikan terus dipantau ya!

Terus kalau menang biasanya kamu diharuskan melakukan konfirmasi nama lengkap, alamat dan nomor handphone via email atau DM. Batas waktunya lazimnya 2 – 3 x 24 jam. Jika lewat dari waktu yang ditentukan, hadiah bisa dilempar ke peserta yang lain.

Berdoalah dan Jangan Pernah Menyerah

Dan yang tak kalah penting dalam mengikuti giveaway adalah berdoa dan pantang menyerah. Tentunya rezeki bisa didapatkan atas izin Tuhan kan. Setelah mengikuti giveaway, tidak ada salahnya berdoa supaya menang meskipun hadiahnya hanya hal sepele. Pantang menyerah dalam mengikutinya juga salah satu faktor yang mempengaruhi seberapa sering kita dapat giveaway lho. Sekali tidak menang, coba lagi, coba lagi. Enjoy saja. Lagipula mengikuti giveaway kan juga gratis.

Note: Special thanks to Bety for these precious information about giveaway.

5 thoughts on “Menang Giveaway Tidaklah Sesulit yang Dikira, Asal Kamu Tahu Triknya

  1. Pingback: Yes, I Collect Those Things! | Summer Ballads

  2. Kak
    Klo mslnya diketentuan dibilang, boleh komen sebanyak2nya, biar bisa menang lebih baik komen di hari yg sama sebanyak2nya atau setiap hari 1 komen sampai masa deadline habis? Terima kasih

    Like

    • Halo juga Sheila. Maaf slow respond. Untuk memperbesar peluang menang kamu bisa komen sebanyak2nya setiap hari. Biasanya penyelenggara GA menggunakan aplikasi sejenis random picker dan biasanya yang ikut juga banyak. Tapi usahakan beri jeda dalam memposting komen supaya akun instagrammu nggak keblokir karena dianggap spamming oleh pihak instagram. Dan kalo sudah keblokir harus nunggu beberapa hari supaya bisa komen lagi. Begitu tipsnya. Good luck ya! 😊

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s