Never Too Late To Follow Your Dream. 15 Orang Menginspirasi Ini Bahkan Mewujudkan Impiannya Di Usia Yang Tak Lagi Muda.

Never Too Late To Follow Your Dream. 15 Orang Menginspirasi Ini Bahkan Mewujudkan Impiannya Di Usia Yang Tak Lagi Muda.

Model, Cindy Joseph (by https://www.refinery29.com/)

Setiap orang berhak memiliki impian. Termasuk impian besar sekalipun. Tapi coba pikirkan berapa banyak orang yang berhasil mewujudkan impian. Berapa banyak juga orang yang hanya berani bermimpi, menguburkan impiannya dalam-dalam lalu melupakannya. Presentasenya mungkin lebih berat di poin kedua. Penyebabnya ada macam-macam. Bisa jadi mereka tidak percaya diri bahwa mereka mampu atau karena menjalani kesibukan dan kewajiban orang dewasa membuat impiannya semakin hari semakin terkucilkan. Kemudian jika suatu saat nanti mereka mengingat kembali impian masa mudanya, mereka tak akan mau merealisasikannya karena sudah terlanjur tua. Dan impian besar yang mereka agung-agungkan telah menjelma menjadi sesuatu yang tidak berharga.

Padahal kita sangat familiar dengan pepatah, “tidak ada kata terlambat” atau “lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.” Termasuk dalam hal melakukan sesuatu yang sangat kita inginkan. Daripada membohongi diri sendiri dengan melupakan impian itu, kenapa tidak mencoba mewujudkannya? Percayalah tidak ada yang tidak mungkin jika kita bekerja keras dan percaya pada diri sendiri.

Berbicara tentang mewujudkan impian yang tertunda, aku jadi teringat dengan dorama yang berjudul “35 Sai no Kokusei.” Dorama ini menceritakan tentang Ayako Baba, seorang wanita berusia 35 tahun yang kembali di bangku SMA. Tak seperti siswa lainnya, ia bersekolah dengan mengendarai mobil mahal. Baba memiliki misi untuk memberantas pem-bully-an di tempat ia bersekolah dulu. Tapi ternyata, alasan ia kembali bersekolah tak hanya itu. Kepala sekolahnya mendorong Baba bersekolah karena ia sempat berhenti akibat pem-bully-an yang ia terima dari temam-temannya. Meski awalnya ia merasa berat namun ia mampu membuktikan bahwa ia bisa lulus SMA di usianya yang ke-35.

Itu tadi cerita yang ada di dalam dorama, kalau di dalam dunia nyata lebih menginspirasi lagi. Berikut ini 15 orang yang mampu mewujudkan impiannya di usia senja.

1. Donald Trump

Donald Trump (by https://www.usnews.com/)

Siapa yang tidak mengenal Donald Trump? Presiden Amerika Serikat ke-45 yang juga seorang pebisnis sekaligus personaliti televisi. Trump diangkat menjadi presiden di usianya yang ke-70. Bandingkan dengan Barack Obama yang menyelesaikan tugas menjadi pemimpin negara di usia ke 56.

2. Liu Chengxin

Liu Chengxin adalah nenek yang berasal dari Wuxi, provinsi Jiangsu, Tiongkok. Ia mendapatkan paspor pertamanya di usia 101 tahun. Meskipun sudah berusia lebih dari satu abad, ia tetap bersemangat untuk melakukan perjalanan ke Macau, Hongkong, Jepang, Korea Selatan dan Tibet. Menurut nenek Liu, “Dunia ini begitu besar, Anda harus pergi dan melihatnya.”

3. Cindy Joseph 

Biasanya kita melihat model belia dengan body yang masih kencang dan tentu saja memiliki wajah mulus tanpa cela. Namun berbeda dengan Cindy Joseph. Ia mengawali karirnya sebagi model di usianya yang ke-49. Dan sekarang ia masih aktif di bidang modeling dan membintangi iklan produk fashion Anthropologie. Sekarang ia telah menginjak usia 65 tahun.

4. Helen Deming

Helen Deming (by http://wow.tribunnews.com)

Menuntut ilmu tak mengenal usia. Helen Deming, nenek berusia 95 tahun berhasil lulus dari Loyola University, Chicago, Amerika Serikat dan meraih gelar Sarjana Psikologi. Deming mengatakan bahwa ia memulai studinya pada 1940 namun harus terhenti lantaran menikah dan memiliki sepasang putra kembar. Setelah menunda selama 75 tahun, ia mampu membuktikan bahwa ia bisa menyelesaikan studinya.

5. Harland Sanders

Harland Sanders (by http://www.qerja.com)

Kita pasti tidak asing dengan gambar sosok kakek-kakek yang menjadi maskot KFC. Ialah Harland Sanders. Waralabanya yang mendunia membuat banyak tak menyangka bahwa ia meraih kesuksesannya di usia 62 tahun. Saat itu, ia pertama kali menjadikan KFC sebagai waralaba. Dan ia baru menekuni bisnis kuliner di usia 40 tahun.

6. Anezka Kašpárková

Anezka Kašpárková (by http://www.hai.grid.id)

Dari Amerika Serikat kita beralih ke Republik Ceko tepatnya di Louka. Ada seorang nenek berusia 91 tahun bernama Anezka Kašpárková. Di usia senja, semangatnya tak pernah surut dalam menekuni passion-nya dalam bidang menggambar. Ia menghias desanya denga mural berbentuk bunga-binga berwarna biru. Ia terinspirasi dari Moravian, daerah Utara Ceko.

7. DJ Sumirock

Siapa bilang menjadi DJ harus muda? Buktinya ada seorang nenek berusia dari 83 tahun dari Tokyo. Nenek bernama asli Sumiko Iwamuro ini awalnya hanya mencoba memainkan sebuah lagu pada saat anaknya berulang tahun. Semenjak itu, ia tertarik menjadi DJ. Bahkan ia mengambil kursus DJ selama satu tahun di usianya ke-70. Cita-citanya ingin pergi ke New York dan keliling dunia. Meskipun nenek yang juga berdagang Dimsum ini tak muda lagi namun ia tak kalah energiknya dengan anak-anak muda yang ada di klub tempat ia manggung.

8. Kimiko Nishimoto

Kimiko Nishimoto (by http://www.akibanation.com)

Nenek ini bernama Kumiko Nishimoto. Usianya 90 tahun, ia bekerja sebagai fotografer dan jago edit photoshop. Nenek yang berasal dari Kumamoto ini ternyata baru belajar ilmu fotografi dan mendalami ilmu digital course pada usia 71 tahun! Bahkan nenek ini sudah mengadakan pameran bertajuk “Nishimoto Kimiko Asobo Ka Ne” yang diadakan di gedung Shinjuku Mitsui lantai 1. Yang unik dari neneki Kumiko adalah sense of humour-nya yang tinggi. Ia kerap kali mengambil foto dirinya yang sedang ber-cosplay dengan kostum yang aneh-aneh.

9. Baddie Winkle

Baddie Winkle (by https://www.npr.org/)

Nenek nyentrik yang berasal dari Amerika Serikat ini tak kalah menariknya. Ia sangat terkenal di jagat dunia maya karena penampilannya yang colorful dan gayanya yang gaul abis. Folower-nya sudah mencapai jutaan dan viewernya juga banyak. Nenek itu bernama Baddie Winkle yang sudah berusia 90 tahun. Tagline sosial medianya berbunyi “Stelaing Your Man Since 1928.” Ia dibantu oleh cucunya mengunggah fotonya di Twitter. Kala itu ia mengenakan pakaian sang cicit.

10. Gladys Burrill

Gladys Burrill (by http://thehigherlearning.com/)

Gladys Burrill adalah wanita yang luar biasa. Ia merupakan pilot aircfart, pendaki gunung dan penunggang kuda. Namun ia sadar bukan hal tersebut yang diinginkannya. Pada usianya yang ke 86 tahun, ia menjalani marathon pertamanya. Ia semakin setelah menyelesaikan Honolulu Marathon di usia 92 tahun.

11. Harry Bernstein

Harry Bernstein (by telegraph.co.uk)

Harry Bernstein bekerja sebagai editor, perusahaan produksi dan penulis lepas hingga usianya 62 tahun. Namun, ia mulai menuangkan pengalamannya dalam sebuah buku berjudul “The Invisible Wall: A Love Story That Broke Barriers” di usia 93 tahun. Buku tersebut mengisahkan pengalaman masa kecilnya yang berjuang bersama keluarga selama Perang Dunia I. Buku itu diterbitkan tiga tahun kemudian dan menjadi buku laris pertamanya.

12. Susan Boyle

Susan Boyle sering mengikuti kompetisi menyanyi tapi ejekan yang diterimanya membuatnya patah semangat. Kemudian sang ibu mendorongnya untuk mengikuti audisi Britain’s Got Talent. Meskipun sedikit ragu tapi ia meyakinkan dirinya sendiri untuk tetap menampilkan yang terbaik. Tak disangka ia mendapatkan standing ovation dari penonton dan tiga buah “yes” dari juri. Sejak saat itu, karir bernyanyinya semakin menanjak dan album pertamanya I Dreamt A Dream menjadi album penjualan terbaik di Inggris. Kala itu ia telah berusia 47 tahun.

13. Peter Mark Roget

Peter Mark Roget (by https://www.ed.ac.uk)

Siapa sangka tak semua orang bisa menikmati karir profesional yang cemerlang. Salah satunya adalah Peter Mark Roget. Profesinya sebagai dokter, dosen dan investor justru membuatnya depresi. Ia melepas kehidupan profesionalnya di usia 61 dan memulai sesuatu yang sangat ia nikmati yaitu membuat daftar. Di usia 69 tahun, ia mempersiapkan proyek untuk menerbitkan Roget’s Thesaurus of English Words And Prashes. Cetakan pertamanya terbit ketika ia berusia 71 tahun. Ia bekerja membuat daftar kosakata dan artinya hingga ia meninggal dunia di usia 90 tahun.

14. Kathryn Joosten

Kathryn Joosten (by http://smashinginterviews.com/)

Kathryn Joosten memiliki pekerjaan sebagai perawat. Namun ia harus resign setelah menikah. Sayang pernikahannya hanya bertahan 10 tahun. Untuk menghidupi putranya, ia mencoba berkarir di bidang akting di usianya ke 41 tahun. Dengan dorongan dari keluarganya, akhirnya ia dipekerjakan sebagai street peformer di Disney World 12 tahun kemudian. Karirnya mulai menanjak di usianya yang ke 60 tahun setelah membintangi West Wing. Dan ia berhasil memenangi Emmy Award pertamanya melalui serial Desperate Houswives di usia 66 tahun.

15. Grandma Moses

Grandma Moses (by https://www.cbsnews.com/)

Grandma Moses memiliki nama asli Anna Mary Robertson. Sejak usia muda ia sangat tertarik dengan seni. Namun karena banyak hal ia akhirnya melupakan kecintaannya. Di usia 67 tahun, ia sempat dilanda depresi paska kematian suaminya. Ia mencoba menyibukkan diri. Salah satu kegiatannya adalah melukis. Ia belajar secara autodidak. Karya-karyanya telah dipamerkan di Museum of Modern Arts di New York saat ia berusia 78 tahun. Di usia 92 tahun, Grandma Moses juga menulis memoirnya berjudul My Life’s History. Ia meninggal di usia 101 tahun.

Melihat kelima belas nenek dan kakek di atas seharusnya bisa membuat kita tak patah arang. Tujuan dan impian yang kita miliki harus mampu diraih. Alih-alih membohongi diri sendiri untuk ‘melupakan’ impian, majulah ke depan. Meskipun hanya selangkah dua langkah. Asalkan kamu tidak berhenti dan menyerah. Gagal? Coba lagi. Jangan pernah menganggap terlalu tua untuk melakukan suatu hal. Ingat satu kutipan dari CS. Lewis, “You are never too old to set another goal to dream a new dream.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s