10 Drama Jepang Bertema Penerbangan

10 Drama Jepang Bertema Penerbangan

Di Jepang, drama televisi disebut terebi dorama (テレビドラマ) atau dorama (ドラマ). Dorama pada umumnya tamat dalam satu musim atau 3 bulan. Biasanya panjang episode antara 9 dan 12. Tapi tak menutup kemungkinan memiliki episode spesial karena tingginya rating pemirsa. Serta jam tayang sekitar pukul 21.00, 22.00 atau 23.00. Selain dorama yang tayang malam, ada juga dorama dengan jam tayang di pagi hari. Biasa disebut Asadora.

Cerita dorama berasal dari naskah asli, adaptasi novel maupun manga. Tema yang diangkat menjadi dorama bermacam-macam. Semisal sekolah, komedi, detektif, misteri hingga profesi. Kelebihan dorama ini adalah jalan ceritanya yang dibuat serealistis mungkin serta mengandung banyak pesan yang bisa diambil pemirsanya. Tak sedikit pula mereka mengangkat tema profesi sehingga pemirsa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di balik sebuah profesi. Salah satunya yang menarik adalah dorama dengan tema penerbangan. Berikut 10 diantaranya:

1. Big Wing (2001)

Big Wing (by detail.chiebukuro.yahoo.jp)

Dorama pertama adalah Big Wing. Dorama lawas yang merupakan adaptasi manga populer ini tayang pada tahun 2001 dan memiliki 9 episode. Berlatar di Bandara Haneda, dorama ini menceritakan seorang ground attendant bernama Kumiko Yoshikawa. Kumiko berusaha melakukan pekerjaannya dengan baik. Seperti membantu traveler menemukan tempat di dalam bandara yang super besar, membantu menjadwalkan kereta atau mencarikan hotel. Di sana pula Kumiko harus berhadapan dengan rekan kerja yang menjadi rivalnya, supervisor-nya yang mempunyai peraturan ketat hingga situasi yang menyentuh. Dengan menonton Big Wing, kamu bisa mengetahui adegan di balik layar dari bandara metropolitan yang super sibuk.

2. Good Luck!! (2003)

Good Luck!! (by htttps://www.higashi.site/)

Dari tahun 2001 kita terbang ke tahun 2003. Di tahun tersebut tayang sebuah drama bertema penerbangan yang cukup populer. Dorama yang dibintangi oleh Takuya Kimura dan Kou Shibasaki ini memiliki 10 episode. Dorama ini menceritakan kisah cinta antara seorang co-pilot international jetline, Hajime Shinkai dan seorang mekanik bernama Ayumi Ogawa. Tak hanya kisah cinta namun dorama ini juga menceritakan perjuangan Hajime yang bercita-cita menjadi captain. Good Luck!! berhasil mendapat rating yang tinggi yakni 37,6%.

3. Call Me CA! (2006)

Call Me CA! (by http://www.asianwiki.com)

Call Me CA! mengisahkan tentang seorang pramugari berusia 28 tahun bernama Sae Yamada yang sedang mencari cinta untuk melengkapi hidupnya. Mulai dari menghadiri Gokkon (acara perjodohan) hingga berjuang mengungkapkan perasaanya kepada pilot tampan. Lima tahun lalu, pacar Sae direbut oleh seorang pramugari. Karena itulah ia memutuskan untuk menjadi pramugari meskpun ia sebenarnya tidak tertarik.

4. Attention Please (2006)

Attention Please (by forumpramugari.wordpress.com)

Kalau biasanya seorang pramugari itu bawaannya lembut dan feminim. Tapi bagaimana jadinya jika yang menjadi pramugari itu sesorang yang tomboy. Adalah Yoko Misaki cewek tomboy yang tidak pernah sekalipun memakai high heel yang memutuskan melamar menjadi pramugari hanya karena terpengaruh temannya. Meskipun sangat bertolak belakang dengan sifat aslinya, nyatanya Yoko diterima menjadi pramugari. Pada tahun 2007 dan 2008, Attention Please dibuat juga versi drama spesialnya.

5. Happy Flight (2008)

Happy Flight (by http://major.otaden.jp/)

Film Happy Flight tidak hanya berfokus pada satu peran saja namun semua orang yang bekerja di salah satu masakapai penerbangan. Mereka adala pilot, pramugari, mekanik, ground crew, kontroler, hingga bird patrol. Semua mempunayi misi yang sama yaitu untuk menjaga keamanan para penumpang. Dalam film berdurasi 102 menit ini menceritakan penerbangan ke Honolulu, Hawaii.

6. Tokyo Airport: Air Traffic Service (2012)

Tokyo Airport (by http://www.asianwiki.com)

Dorama selanjutnya berjudul Tokyo Airport. Dorama berdurasi 10 episode ini berfokus pada Kaori Shinoda yang memulai karirnya sebagai pengawas lalu lintas udara atau air traffic controller. Sebelum menjalankan tugas sesungguhnya ia diharuskan untuk melakukan simulasi terlebih dahulu.

7. Apoyan: Running International Airport (2013)

Apoyan menceritakan tentang Keita Endo, seorang yang dulunya bekerja di agen perjalanan dan kini ia memulai bekerja di Bandara Internasional Narita. Awalnya Keita dipermalukan oleh rekan-rekan di tempat kerja barunya. Tapi ia berusaha untuk memecahkan masalah tersebut.

Apoyan sendiri berarti seseorang yang ahli di agen perjalanan yang memecahkan berbagai masalah yang terjadi di konter bandara. Dorama ini diangkat dari novel karya Takeshi Shinno yang telah membuat sekuelnya “Koisuru Kuukou Apoyan 2.”

8. Cheap Flight (2013)

Cheap Flight (by http://www.asianwiki.com)

Drama Jepang tentang penerbangan lain yang tak kalah seru adalah Cheap Filght. Menceritakan seorang pramugari bernama Miharu Aizawa. Ia dipindahtugaskan dari major airline ke Cherry’s Airlines dimana merupakan maskapai berbiaya rendah (low cost carrier). Miharu berusaha berjuang dalam menjalankan tugasnaya bersama Cherry’s Airlines yang memiliki aturan sangat berbeda dengan maskapai sebelumnya. Ia yang terbiasa melayani penumpang dengan servis yang sangat memuaskan, harus mematuhi kebijakan masakapai yang tidak memberikan servis sama sekali.

9. Miss Pilot (2013)

Miss Pilot (by https://pantip.com)

Biasanya seseorang yang berprofesi menjadi pilot adalah pria namun jika pilotnya adalah perempuan itu baru beda. Cerita unik tersebut bisa ditemukan di drama Miss Pilot. Haru Tezuka adalah seorang gadis yang jujur dan ceria. Tapi ia sering mendapat masalah di bar tempatnya bekerja. Ia jadi sangat kesulitan dengan pekerjaannya. Suatu hari tanpa sengaja ia membaca selebaran tentang lowongan dari maskaapai ANA (All Nippon Airways). Ia memutuskan untuk mengikuti tesnya. Di sana ia menemuka orang-orang yang bededikasi di bidang penerbangan. Setelah mengikuti tes tersebut Haru memiliki cita-cita menjadi pilot.

10. The Cabin Attendant (2014)

The Cabin Attendant (by http://www.asianwiki.com)

Dorama terakhir yang bertema penerbangan adalah The Cabin Attendant. Kembali dibintangi oleh Kyoko Fukada, dan didukung oleh artis kenamaan lainnya seperti Nozomi Sasaki dan Kiko Mizuhara. The Cabin Attendant mengisahkan tentang Miho Saito yang bekerja di maskapai internasional. Ia bertugas untuk menyajikan wine kepada penumpang padahal ia sendiri sama sekali tidak mengetahui tentang wine. Cerita mulai bertambah menegangkan ketika Miho terlibat kasus pembunuhan saat singgah di New York.

Itulah 10 drama Jepang bertema penerbangan. Dengan menonton dorama-dorama di atas kamu bisa tahu bagaimana orang-orang di maskapai dan bandara menjalankan tugasnya. Selain itu kisah mereka juga tak kalah menarik untuk diikuti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s