Tubing Gratis di River Moon Plusur

Tubing Gratis di River Moon Plusur

Aku main tubing! ^ ^

What is River Moon?

River Moon adalah sebuah obyek wisata yang berlokas di Pusur, Karanglo, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474. Letaknya di bawah obyek wisata Cokro Tulung. Ada dua etape yang ditawarkan yaitu 300 meter dengan harga tiket Rp 15,000 – Rp 25,000/orang dan 2 kilometer dengan harga tiket Rp 40,000/orang. River Moon ini memang digunakan untuk wisata keluarga jadi aman untuk anak-anak.

Tubing Gratis

Suasana di River Moon

Jujur saja outing class kali ini aku nge-blank sengeblank-ngeblanknya. Zero information. Aku nggak tahu nanti berapa bis, kelas berapa yang akan ikut, bayarnya berapa, berangkatnya tanggal berapa bahkan tujuannya saja aku nggak tahu.haha.. Aneh ya. Sebelumnya aku mau cerita dulu nih, kepala sekolahku kan baru dan sekolahku sedang dalam tahap renovasi. Jadi ada yang berangkat sekolah pagi ada yang siang. Lha terus hubungannya sekolah renovasi sama kepala sekolah apa? Ada donk, karena ketemunya dengan guru-guru yang lain seperti main petak umpet seharusnya kepala sekolah menginfokan ke dalam grup WhatsApp tentang detail outing class yang sudah dirapatkan bersama paguyuban wali murid. Dan kepalaku ini nggak melakukannya. Ya sudahlah ya, entar kalau mendekati hari-H paling juga diinfokan. I don’t care dengan outing class. Yang penting gratis.hehe…

Dan benar saja hari Jumat dapat undangan dari paguyuban yang mengatakan bahwa outing class akan dilaksanakan pada hari Rabu depan tanggal 19 Desember 2018 di River Moon, Klaten. Bus yang berangkat ada 3 dan aku masuk bus 1 bersama 3 guru yang laim. Desscode-nya warna merah. Aku yang penasaran searching dong di google apa itu River Moon. Gambarnya orang-orang naik ban di sungai. Oh! Kayaknya asyik juga sih. Kepalaku sudah mewanti-wanti harus bawa baju ganti, berarti nanti di sana mainan ban. Yes! Btw, itu namanya tubing.

Hari-H, anak-anak dan guru berkumpul di sekolah pada pukul tujuh. Setengah jam kemudian bus sudah berangkat. Perjalanan menuju kawasan River Moon sebetulnya hanya kurang dari 1 jam tapi karena naik bus yang jalannya pelan yah lebih dari itulah. Mendekati lokasi, jalanan semakin sempit. Bus juga harus sedemikian rupa agar bisa belok gang. Uwah!

Dari pagi aku yang belum sarapan ini perut sudah main dangdutan pengen banget makan jatah nasi kotak tapi karena di bus takut tumpah itu nasinya. Jadi aku menundanya sampai tiba di sana. Untungnya peserta outbond dipersilakan istirahat dulu di area yang telah disediakan. Aku langsung melancarkan aksiku makan pagi yang tertunda.haha…. Nggak sampai satu jam, anak-anak yang sudah memakai baju olahraga digiring untuk pergi ke lapangan, siap-siap outbond. Di sana sudah ada pemadunya, gurunya tinggal leha-leha. Oh iya lupa bilang, untuk bisa ikut outbond, anak-anak dikenai biaya sebesar Rp 130,000 yang sudah termasuk outbond, makan siang, snack dan bus. Gurunya? Gratis donk.haha… Tapi dapat jatah makan lumayan banyak. Selain nasi kotak, snack, seplastik pisang dan kacang rebus serta sebungkus nasi oseng. Duh, gimana makannya.

Slogannya “Bukan Masa Kecil Kurang Bahagia Tapi Hobby yang Terbawa Sampai Dewasa”

Aku dan teman-teman guru yang lain mengikuti anak-anak di lapangan. Awalnya ikut fun joget-joget dan pijit-pijit pundak. Terus kemudian salah satu anggota paguyuban mencolek guru-guru biar bisa tubing sekarang. Wah, sepertinya asyik juga. Tapi ada rasa sedikit deg-degan soalnya baru pertama kali tubing dan aku nggak bisa renang! Aku pikir tubing itu mirip-mirip arum jeram. Kan mengandalkan arus sungai yang deras. Jadi tambah deg-degan.

Karena anak-anak sudah ada yang urus maka orang tua murid dan paguyuban sudah siap dengan peralatan tubingnya. Nggak butuh waktu lama, guru-guru sudah siap juga dengan helm dan jaket pelampung. Terus ambil satu-satu di bawa ke atas. Bawa ban ternyata berat juga. Sebenernya ada dua pilihan: mau yang rutenya pendek atau yang panjang. Karena udah dipesenin sama pihak paguyuban yang rute pendek ya mau nggak mau harus ikut donk. Meskipun pendek katanya boleh dua kali. Kalau aku mah nggak masalah. Orang gratis juga. Tinggal action nggak usah protes.haha…

Yah kira-kira beginilah (by http://www.mattanews.com)

Begitu sampai di hulu ada petugas yang membantu kita untuk bisa naik ke atas ban dengan sempurna dan mendorong kita kuat-kuat. Awal-awal bisa jalan lancar tapi di tengah-tengah karena airnya agak tenang jadi kayak stuck gitu. Nggak mau gerak. Harus didayung pakai tangan atau kaki. Setelah air yang tenang itu, ada benerapa aliran deras hingga membuat kita terhempas ke pinggiran atau di tengah sampai kaki kena batu. Jadi berhati-hatilah. Tapi asyik kok. Sampai di hilir juga sudah ada petugas yang membantu kita keluar dari ban.

Setelah puas dua kali tubing, aku langsung pergi mandi. Mumpung anak-anak masih asyik mainan lumpur di sawah dan meniti jembatan kayu. Kamar mandi masih banyak yang kosong. Langsung kumelancarkan aksi. Ambil baju dan memilih kamar mandi dengan bebas. Tapi kok nggak ada kuncinya. Lalu aku pindah ke kamar mandi sebelahnya, kok nggak ada kuncinya lagi. Terus aku pindah lagi ke sebelahnya tapi hasilnya tetap sama. Aku mulai panik mengetahui orang-orang sudah mulai menyerbu kamar mandi. Takut nggak kebagian. Akhirnya, setelah percobaan empat kali aku menemukan kamar mandi yang normal. Alhamdullilah…

Setelah mandi yang kulakukan hanya jajan, nungguin anak-anak selesai mandi dan sholat. Ngomong-ngomong, musholanya unik lho. Bentuknya kecil tapi berada di atas air. Ke sananya harus pakai jembatan. Adem.

Musholanya di atas air

Sesuai dugaanku, waktu yang dibutuhkan untuk tubing ke River Moon tak lebih dari 7 jam. Pukul 2, bus sudah meninggalkan area River Moon. Sangat singkat tapi menyenangkan!

My Review About River Moon

Ini pertama kalinya kau datang ke River Moon sekaligus ikut tubing. Menyenangkan cuma kurang greget kalau hanya setengah hari. Mungkin harus ada kegiatan tambahan lainnya biar nggak “oh hanya gini aja ya.” Kalau tempatnya sih lumayan tapi belum maksimal menurutku. Tetutama bagian toiletnya. Masa’ iya mandi nggak dikunci pintunya. Apalagi bilik yang nggak ada kuncinya lebih dari 3 lho. Sayang banget padahal jumlahnya sudah lumayan. Kalau baunya agak pesing maklum karena kamar mandi umum. Tapi tempatnya adem kok terlebih lagi musholanya yang di atas air itu.

A Half Day Budget

  • Tiket masuk : free
  • Tubing : free
  • Makan siang & snack : free
  • Bakso Ojek : Rp 3,000
  • Total Pengeluaran : Rp 3,000

More Detail

  • Instagram: @rivermoonpusur
  • Telp: 0858-9994-6995

2 thoughts on “Tubing Gratis di River Moon Plusur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s