Sekarang JLPT Hanya Bisa Daftar Online Lho!

Sekarang JLPT Hanya Bisa Daftar Online Lho!

JLPT Tahun 2019 (by https://www.jlpt.jp/e/)

Halo! Rasanya sudah lama sekali nggak update blog. Beberapa bulan terkahir, karena perhatian keganggu dengan hal lain, jadi minat menulis sedikit terkalahkan. Alhasil, blog jadi terbengkalai. Padahal sejak tanggal 8 Agustus aku memutuskan untuk meng-update blog setiap Senin dan Jumat. Tapi kenyataannya….Dasar pemalas.haha… Memang konsisten menulis adalah hal yang nggak gampang. Tapi, aku akan berusaha memperbaiki time management-ku. Okay, ganbarimasu! Udah ah curhatnya.hehe…

Nah, kali ini aku mau menulis pengalamanku mendafar JLPT untuk yang ketiga kalinya. Apa itu JLPT? Aku sudah pernah membahas sebelumnya. JLPT singkatan dari Japansese Language Proficiency Test. Jadi intinya tes kemampuan Bahasa Jepang yang diperuntukkan bagi non-native speaker.

Aku sudah pernah mengikutinya 2 kali yaitu tahun 2009 dengan hasil lulus dan tahun 2014 dengan hasil yang mengenaskan soalnya nggak belajar tapi nekad ikut. Tahun 2009 aku mengikuti JLPT N4 yang setara dengan N5 sekarang. Karena sejak tahun 2010, tingkatannya dibagi menjadi 5 jadi tahun 2014 aku mencoba untuk mengikuti yang N4. Kedua tes tersebut aku selalu nitip orang kalau mau daftar. Dulu daftar harus ke UGM langsung dengan membawa foto, uang pendaftaran dan mengisi formulir secara langusung. Namun sekarang semuanya hanya bisa dilakukan secara online melalui website resmi JLPT. Caranya sih mudah tapi usahakan untuk nggak mendaftar mepet deadline soalnya server-nya sering down. Udah berasa daftar tes CPNS aja. Aku sendiri harus mendaftar 2 kali dengan email berbeda dan di hari berbeda juga. Waktu itu server-nya down jadi surel aktivasi nggak masuk ke email-ku. Padahal sudah ditunggu 24 jam tetap saja. Karena bingung aku mencoba menghubungi panitianya, aku disarankan untuk mencoba terus sampai mendapat email aktivasi. Untuk menghindari server sibuk, aku melakukannya jam 6 pagi. Dan berhasil! Yatta!

Nah, buat yang belum ngerti gambarannya, aku kasih langkah-langkah singkatnya

  1. Buka website resmi JLPT yaitu jlptonline.or.id di browser PC atau laptop
  2. Klik registrasi yang ada di bagian atas kanan. Lalu isikan data diri seperti nama, tanggal lahir, alamat email, alamat rumah, nomor ponser, dan password. Pasword hanya terdiri dari angka sebanyak 8 digit. Jangan lupa upload foto dengan latar warna apapun. Perhatikan ukurannya. JLPT menggunakan ukuran foto yang nggak biasa.
  3. Setelah selesai mengisi data diri. Klik selesai. Kita tinggal menunggu email aktivasi. Cek pesan masuk atau spam.
  4. Semisal sudah dapat email aktivasi, kita tinggal mengisi data lagi seperti lokasi ujian, level ujian, dimana belajar bahasa Jepang, pekerjaan sekarang, alasan mengikuti ujian, media belajar, konunikasinya dengan siapa aja, pernah melakukan ujian sebelumnya atau belum, hasilnya apa. Data tersebut dalam bahasa Inggris. Nggak susah kok cuma klik sana klik sini. Jika sudah klok selesai atau submit.
  5. Setelah berhasil melakukan pengisian data kita akan diberikan Virtual Account (VA). Langkah selanjutnya melakukan pembayaran ke Bank Permata dengan Virtual Account yang kita dapatkan tadi.
  6. Next, cek pembayaran sudah berhasil atau belum. Jika sudah beres semua, kita akan mendapat email konfirmasi beberapa saat setelahnya.

Pendaftaran sudah beres. Tinggal belajar dong. Waktunya masih 3 bulan. Banyak bahan belajar yang bisa dipakai secara gratis dari internet. Bisa juga membeli buku supaya materi dan latihan soalnya lebih lengkap. Jangan lupa juga latihan listening atau chokkai. Untuk kalian yang mengikuti JLPT, ganbatte ne!

Berikut ini beberapa informasi penting yang aku ambil dari website resmi JLPT. Untuk informasi detailnya bisa dicek sendiri ya…

Biaya JLPT Tahun 2019 (by https://jlptonline.or.id/)

Cara Pembayaran JLPT Tahun 2019 (by https://jlptonline.or.id/)

Tempat Ujian JLPT di Indonesia (by https://jlptonline.or.id/)

One thought on “Sekarang JLPT Hanya Bisa Daftar Online Lho!

  1. Pingback: Ikut Tes JLPT Tingkat Dasar Lagi Setelah 10 Tahun Berlalu | Summer Ballads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s